Tuesday, November 07, 2006

Roh Kudus memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran

Renungan mengenai Roh Kudus

Roh Kudus memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran
- By Jeffrey Lim –

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” ( Yohanes 16:13a )

Alkitab mengajarkan bahwa semua orang percaya memiliki Roh Kudus ( Roma 8:9 ). Roh Kudus adalah materai keselamatan bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Roh itu tinggal di dalam hati orang percaya sebagai Allah yang imanen yaitu Allah yang beserta kita. Siapakah kita ini yang hanya tanah dan debu sehingga Roh Allah tinggal di dalam diri kita bahkan Alkitab mengajarkan bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus ( 1 Korintus 6:19 ). Siapakah kita yang terbatas dan lemah ini sehingga Allah mau tinggal di dalam hati kita ?
Apa pekerjaan Roh Kudus didalam hidup kita orang percaya ? Alkitab mengajarkan bahwa Roh Kudus itu adalah Roh Kebenaran. Roh Kudus berkait dengan kebenaran dan pengajaran tentang kebenaran. Alkitab berkata bahwa Roh Kudus itu Allah pribadi ketiga yang mewahyukan kebenaran. Roh Kudus adalah Roh Allah dan Dia adalah Allah sendiri. Roh Kudus disebut sebagai Roh Wahyu ( Efesus 1:17 ). Roh Kudus adalah Roh yang memcelikkan mata hati orang sehingga membuat orang mengerti Firman Tuhan. Seperti janji Tuhan Yesus kepada kita bahwa Roh Kudus akah memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran.
Pada waktu perjanjian Lama, Allah memberikan Taurat kepada Musa sehingga mereka mengenal hukum Allah. Taurat diberikan supaya mereka yang taat kepada Taurat diberkati dan siapa yang tidak taat dikutuk. Namun sejarah bangsa Israel membuktikan bahwa hati bangsa Israel tidak taat kepada Firman Tuhan. Pada perjanjian baru, Allah menuliskan hukumnya di dalam hati orang percaya. Allah memberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam diri umatNya ( Yehezkiel 36:26 ). Roh Kudus diberikan Allah supaya diam di dalam batin umatNya sehingga mereka hidup menurut segala ketetapan Tuhan dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan Tuhan dan melakukannya ( Yehezkiel 36:27 ). Pada waktu Roh Allah diam di dalam diri seseorang, maka Alkitab berkata “Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku ( Tuhan )” ( Yeremia 31:34 ).
Walaupun Allah berjanji bahwa Roh Kudus memimpin seseorang ke dalam seluruh kebenaran, namun seseorang dapat mendukakan Roh Kudus ( Efesus 4:30 ). Pada saat pekerjaan Roh Kudus ditekan dan diacuhkan, Roh Kudus akan berduka. Roh Kudus bekerja dengan lembut dan tidak memaksakan kehendakNya dengan keras kepada kita dan Ia dapat bersedih karena ketidaktaatan kita. Pada saat kita tidak mau taat Roh Kudus maka kita rugi sendiri. Maka kita perlu taat dan rendah hati berdoa kepada Tuhan meminta Tuhan mengajari kebenaranNya seperti pemazmur :”Beritahukanlah jalan-jalan-jalanMu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaranMu dan ajarlah aku” ( Mazmur 25:5 ).Kita tahu dari Alkitab bahwa “Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum” (Mazmur 25:8 ). Menunjukkan jalan dan membimbing adalah pekerjan Roh Kudus. Berdoalah seperti pemazmur ketika sedang merenungkan mengenai Firman Tuhan yaitu:”Terpujilah Engkau, ya Tuhan; ajarkanlah ketetapan-ketetapanMu kepadaku” ( Mazmur 119:12 ) “Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari TauratMu” ( Mazmur 119:18 ) “Aku ini orang asing di dunia, janganlah sembunyikan perintah-perintahMu terhadap aku” ( Mazmur 119:19 ) “Jalan-jalan hidupku telah aku ceritakan dan Engkau menjawab aku – ajarkanlah ketetapan-ketetapanMu kepadaku” ( Mazmur 119:26 ) “Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titahMu, supaya Aku merenungkan perbuatan-perbuatanMu yang ajaib” ( Mazmur 119:27 ) “Perlihatkanlah kepadaku, ya Tuhan, petunjuk ketetapan-ketetapanMu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir” (Mazmur 119:33 ) “Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang TauratMu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati” (Mazmur 119:34 ) “Engkau baik dan berbuat baik; ajarkanlah ketetapan-ketetapanMu kepadaku” ( Mazmur 119:68 ) “TanganMu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintahMu” ( Mazmur 119:73 ) “Perlakukanlah hambaMu sesuai dengan kasih setiaMu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapanMu kepadaku. HambaMu aku ini, buatlah aku mengerti, supaya aku tahu peringatan-peringatanMu” ( Mazmur 119:124-125 ) “Sinarilah hambaMu dengan wajahMu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapanMu kepadaku” ( Mazmur 119:135 ) “ Peringatan-peringatanMu adil untuk selam-lamanya, buatlah aku mengerti, supaya aku hidup” ( Mazmur 119:144 )
Roh Kudus membawa kita mengenal Tuhan dan KebenaranNya. Namun ada syarat-syaratNya yang harus kita penuhi yaitu kita harus rendah hati dan takut akan Tuhan. Alkitab mengajarkan “Siapakah orang yang takut akan Tuhan ? Kepadanya Tuhan menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.” (Mazmur 25:12).”Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjianNya diberitahukannya kepada mereka” ( Mazmur 25:14 ). Karena itu marilah kita datang kepada Tuhan dengan rendah hati dan takut akan Tuhan untuk mengenal Dia dan kehendakNya. Sebab “Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian” ( Amsal 9:10 ) Soli Deo Gloria

Jakarta, 02 September 2005

No comments:

Powered By Blogger

Blog Archive

LIMPINGEN BLOG