



110 Pertanyaan-pertanyaan refleksi mengenai Psikoterapi, Integrasi dan Konseling Biblika untuk digumuli sama-sama
1. Apakah psikoterapi itu ada sebelum kejatuhan atau sesudah kejatuhan manusia ke dalam dosa ?
2. Apakah psikoterapi ( penyembuhan jiwa ) itu mempresuposisikan adanya total depravity ?
3. Apakah psikoterapi itu order of creation ? ( Bandingkan dengan apakah negara itu order of creation )
4. Apakah kerusakan manusia itu kerusakan arah ataukah kerusakan struktur dan arah ? Manakah yang lebih Biblikal ?
5. Bila kerusakan manusia adalah kerusakan arah saja maka ada beberapa pertanyaan :
- Bagaimana penjelasan dengan kutukan terhadap manusia dan ciptaan ( Adam harus bekerja sulit dan berpeluh dan Hawa harus sakit melahirkan dan alam semesta harus mengeluarkan onak dan duri ) ?
- Bagaimana penjelasan manusia bisa sakit dan mati ?
- Dan dalam kaitan dengan konseling maka relasi antara tubuh-jiwa mengakibatkan masalah. Sakit di dalam jiwa dapat mengakibatkan sakit di dalam tubuh ( psychosomatic ). Ketika jiwa dipulihkan maka dapat mempengaruhi hormonal di dalam tubuh dan mengakibatkan pemulihan tubuh.
Pertanyaannya : apakah kerusakan di dalam jiwa itu kerusakan arah atau kerusakan arah dan juga struktur ?
6. Apakah tujuan Konseling Biblika itu supaya orang itu sembuh atau yang terpenting adalah menguduskan orang itu menjadi serupa dengan Kristus dan memuliakan Allah ?
7. Bila tujuan Konseling Biblika hanya untuk orang itu sembuh maka apa bedanya konseling Biblika dengan psikoterapi sekular ? Apa keunikan konseling orang Kristen dibanding dengan psikoterapi sekular ?
8. Apakah psikoterapi itu wahyu umum ? Ataukah lebih tepat respon manusia kepada wahyu umum ?
9. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum bagaimana penjelasan dengan banyaknya sistem, teori dan kutipan yang anti Kristen ? Kalau wahyu umum mengapa banyak teori, sistem dan pandangan yang bertentangan dengan wahyu khusus ? Apakah wahyu umum itu bertentangan dengan wahyu khusus ?
10. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum maka bagian mana yang wahyu umum dan bagian mana yang hasil pikiran manusia berdosa ?
11. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap wahyu umum maka sebenarnya apakah kebenaran ini jelas atau samar-samar ?
12. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap terhadap wahyu umum apakah ini bisa dijadikan standard kebenaran ? Kalau bisa yang bagian mana ?
13. Andaikata psikoterapi adalah wahyu umum maka apakah wahyu umum dan anugerah umum mempunyai kuasa untuk mentransformasi manusia berdosa untuk menjadi serupa dengan Kristus ? Kalau ada maka apa uniknya anugerah khusus ? Apa uniknya Kristus dan Alkitab ?
14. Apakah anugerah umum dipakai Roh Kudus untuk menguduskan natur manusia berdosa ?
15. Apakah anugerah umum hanya untuk menahan dosa dan melakukan civil righteousness dan bukan spiritual righteousness ?
16. Apakah sakit jiwa itu ? Apakah jiwa menurut definisi reformed ( Ibrani dan Yunani ) ?
17. Apakah sakit jiwa itu sakit fisik atau sakit rohani ?
18. Bagaimana kita memandang natur manusia ? Apakah trikotomi ataukah dikotomi ? Ataukah duplex ( yang menekankan kesatuan – Jay Adams ) ?
19. Apakah doktrin Trikotomi itu sesuai dengan teologi Reformed ataukah doktrin Trikotomi itu lebih berasal dari filsafat kafir Yunani ?
20. Bila para penganut Integrasi menggunakan doktrin Trikotomi apakah itu sesuai dengan teologi Reformed ? Adakah penganut Integrasi yang teologinya ( terutama Doktrin manusia karena doktrin ini berkaitan erat dengan isu-isu psikologis ) benar-benar teologi Reformed ? Bila ada siapa ?
21. Adakah para penganut Integrasi yang tidak menganut Trikotomi atau mengandung doktrin Trikotomi di dalam konsep mereka ?
22. Adakah ruang untuk mengintegrasikan Alkitab dengan psikoterapi sekular bila kita tidak memakai doktrin Trikotomi ? Adakah konselor-konselor Kristen profesional yang mengaku tidak menganut doktrin Trikotomi maupun dikotomi maupun duplex tetapi menggunakan sesuatu yang lain lagi tetapi di dalamnya secara samar-samar tetap mengandung pengertian Trikotomi ?
23. Bila penganut Integrasi menganut Trikotomi dan Konseling Biblika melihat natur manusia sebagai duplex, apa perbedaannya di dalam praktik konseling terhadap masalah kejiwaan ?
24. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah pandangan penganut Trikotomi dan apakah pandangan Konseling Biblika ?
25. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan penganut Trikotomi ? Apakah mereka menyerahkan kepada psikiater atau tidak ?
26. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan oleh orang-orang Konseling Biblika ?
27. Apakah praktik penganut Integrasi dan Konseling Biblika itu sama ? Kalau sama maka samanya dimana ?
28. Apakah pandangan Konseling Biblika terhadap medis dan pengobatan di dalam penyembuhan jiwa ?
29. Bagaimana pandangan Jay Adams terhadap medis dan pengobatan ? Dan bagaimana pandangan Edward Welch terhadap medis dan pengobatan dan bagaimana pandangan Robert D. Smith terhadap medis dan pengobatan ?
30. Apakah paham Konseling Biblika memandang obat itu sebagai solusi mendasar dan solusi jangka panjang ? Dan Mengapa begitu ?
31. Bagaimana pandangan Konseling Biblika terhadap medikal model ?
32. Ketika kita mengatakan obat-obat antidepressant atau stimulan atau antipsychotic atau antianxiety itu adalah anugerah umum ( tentunya ada anugerah umum ) maka obat apakah yang anda anjurkan ( partikular ) ?
- Misalnya ritalin dipakai sebagai stimulan untuk orang yang didiagnosa ADHD ( Attention Deficit Hyperactive Disorder ). Apakah ritalin aman ?
- Misalnya Lithium dipakai untuk orang yang didiagnosa Manic Depression ( Bipolar Depression ). Apakah Lithium aman ? Bukankah Lithium itu adalah zat yang toxic ?
- Atau misalnya salah satu obat antidepressant yang paling terkenal adalah Prozac. Apakah Prozac aman ? Bagaimana dengan data yang perusahaan ini sudah sembunyikan mengenai riset obat Prozac yang sampai masuk pengadilan hukum ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant SSRI itu aman ?
- Apakah obat Thalidomine adalah aman ? Bagaimana dengan bayi-bayi yang cacat karena ibunya mengkonsumsi obat ini ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant lainnya seperti Effexor, Luvox, Prozac adalah aman ? Apakah obat-obatan Antipsychotic lainnya seperti Abilify, Zyprexa, Risperdal adalah aman ? Apakah obat-obatan Antianxiety lainnya seperti Xanax adalah aman ?
Hint : Check http://www.breggin.com/
33. Bila obat-obatan antidepressant dan antipsychotic itu berbahaya maka apakah efek sampingnya ( perlu kita ketahui ) ? dan apakah bahayanya bila mengkonsumsi obat-obatan itu ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen menganjurkan pemakaian obat-obatan ini untuk solusi jangka panjang ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen tidak mengetahui data efek dari obat ini ? Apakah etis bagi konselor Kristen untuk menyerahkan mereka kepada psikiater tanpa mengetahui efek obat ?
34. Bila kita memandang di dalam psikoterapi ada wahyu umum dan anugerah umum ( tentunya ada dan akan dibahas nanti ) maka apakah data partikular wahyu umum dan anugerah umum itu ?
Misalnya apakah oedipux complex itu wahyu umum ?
Misalnya apakah sex-therapy atau nude-therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah Electric Shock Therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah psychosurgery itu anugerah umum ?
Misalnya apakah inner healing itu anugerah umum ?
Misalnya apakah cara-cara praktik okultisme untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah hipnotis untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah analisa mimpi itu wahyu umum ?
Dimana letak positif mereka dan di mana letak bahaya mereka ? Adakah unsur-unsur kekafiran ( paganism ) di dalam teori dan praktik mereka ?
Apakah bertanggung jawab bila kita mengatakan psikologi atau psikoterapi sekular itu anugerah umum tanpa mengetahui data-data detil mengenai hal ini semua ? Memang betul pasti ada aspek anugerah umum di dalam psikologi dan psikoterapi tetapi dimana aspek anugerah umumnya secara partikular ?
35. Apakah Konseling Biblika itu terlalu keras dan tidak manusiawi ? Bukankah lebih baik manusia dimengerti dan dikatakan bahwa mereka adalah korban lingkungan atau korban otak mereka atau korban hormonal atau korban genetik ?
36. Apakah metode konseling di dalam Konseling Biblika ? Apa perbedaan dengan Integrasi ?
Pertanyaan-pertanyaan refleksi orang Kristen terhadap dunia psikiatri
37. Apakah DSM itu ?
38. Apakah DSM itu sebuah ilmu pengetahuan ? Bila DSM adalah ilmu pengetahuan mengapa DSM sering berubah-rubah ? Mengapa dulu homoseksual dimasukan di dalam DSM sebagai sakit jiwa tetapi sekarang tidak dimasukkan di dalam DSM ketika masyarakat menganggap bahwa homoseksual itu ok secara etis ? Apa dasar metode menentukan orang sakit jiwa ? Dan atas dasar otoritas apa mereka menentukan apa yang normal dan apa yang tidak normal ?
39. Apakah problematis di dalam DSM ? Apakah ada hubungan dengan politik ?
40. Apakah bahaya dari labeling sesuai dengan DSM ? Apakah labeling itu impersonal ? Apakah labeling itu reduksi ? Apakah labeling itu memandang rendah manusia ? Apakah labeling itu memberikan kesan permanen ? Apakah labeling itu membagi manusia menjadi “kasta2” ?
41. Apakah psikoterapi dan psikiatri sekuler dimotivasi oleh kemanusiaan dan kasih ? Apa alasan anda mengatakan ini ?
42. Apakah itu schizophrenia ? Apakah schizophrenia menurut konsep psikologi sekular ( DSM ) ? Apakah schizophrenia menurut konsep Integrasi ? Apakah schizophrenia menurut Jay Adams ? Apakah mereka mempunyai pandangan yang sama ?
43. Apakah penyebab penyakit Schizophrenia ? Apakah schizophrenia itu disebabkan oleh organic ataukah non-organic ?
44. Bila schizophrenia itu disebabkan oleh organic maka apakah alat pengukurnya ? CT-SCAN ? MRI-SCAN ? Atau apakah ?
45. Apakah teori chemical imbalance dan Apakah teori chemical imbalance itu terbukti secara ilmiah ?
46. Apakah menjelaskan problema Depresi dan Schizophrenia menggunakan teori neurotransmitter Serotonin dan Dopamine itu adalah ilmiah ? Mengapa 50 lebih dari neurotransmitter lain di dalam otak tidak disebut ? Dan mengapa ada data dimana orang yang Depresi kadar Serotonin-nya tinggi ( tidak sesuai dengan teori ) dan ada data dimana orang Schizophrenia kadar Dopamine-nya rendah ( tidak sesuai dengan teori ) ? Apakah teori ini valid ? Bila tidak valid mengapa perusahaan obat-obat memakai teori ini sebagai iklan mereka ? Apa motivasi mereka ? Mengapa mereka begitu berani membohongi masyarakat banyak ?
47. Bagaimana para psikiater mengukur kadar serotonin dan dopamine di dalam pasien yang depresi atau schizophrenia ? Apakah hal ini dilakukan ketika sedang konseling ? Kalau tidak dilakukan bagaimana psikiater itu bisa tahu kalau ada masalah dengan kimiawi di dalam otak ? Apakah diagnosanya objektif ? Mengapa bila berganti ke beberapa psikiater maka diagnosa jiwanya bisa berbeda-beda ? Mengapa bila anda berpura-pura sakit jiwa maka psikiater bisa tertipu ? Apakah orang yang didiagnosa itu pasti jujur ? Bila dia tidak jujur apakah psikiater bisa tahu ?
48. Bagaimana cara kerja obat-obatan dan apakah efek sampingnya dan bahayanya ? Apakah efek samping secara fisik dan apa efek samping secara emosi ? Apakah sesungguhnya obat-obatan itu menyembuhkan tubuh ? Ketika dibicarakan obat mempunyai efek samping maka apakah itu efek samping ataukah efek yang utama ? Apakah obat itu mengobati Schizophrenia ataukah hanya menahan gejala sakit jiwa dan tindakan-tindakan yang mengganggu masyarakat ?
49. Apakah ilmu pengetahuan modern mengatakan bisa menyembuhkan schizophrenia ? Apa yang akan mereka lakukan terhadap penderita Schizophrenia ? Apakah mereka memberikan pengharapan bagi penderita Schizophrenia ?
Pertanyaan-pertanyaan teologis :
50. Mengapa manusia terganggu pikiran dan emosi dan tingkah lakunya ? Mengapa problema pikiran dan emosi terjadi ?
51. Apa solusi terhadap pergumulan jiwa manusia berdosa ?
Pertanyaan-pertanyaan relasi antara Psikoterapi dan Gnostik dan NeoPaganism
52. Sejak kapan muncul psikologi modern ? Darimana sejarah psikologi modern ?
53. Siapa Bapak Psikoanalisa ?
54. Bagaimana pandangan Bapak Psikoanalisa terhadap Kekristenan ?
55. Bagaimana pandangan muridnya terhadap Kekristenan ?
56. Adakah orang psikologi sekular yang menganut Kekristenan ? Bila ada siapa ? Dan apa teorinya ? Dan apa teorinya sesuai dengan Alkitab ?
57. Teori utama dari Sigmund Freud apa ?
58. Apa yang menjadi dasar melandasi tindakan seseorang menurut Sigmund Freud ?
59. Apakah Sigmund Freud percaya Tuhan ? Apakah dia banyak melakukan praktik okultisme ? Praktik-praktik okultisme apa saja yang dia lakukan ? Apakah Sigmund Freud pernah mengaku dirinya sebagai Mesias ?
60. Apakah buku-buku Sigmund Freud dan bagaimana dia menganalisa mimpi seseorang ?
61. Ketika seseorang pernah slip of tongue ( keceplosan ) dan kemudian Sigmund Freud mengatakan bahwa orang itu ada menyeleweng dan kemudian hal itu benar, lalu Sigmund Freud mengaku dia bisa membaca hati orang. Bisakah manusia berdosa membaca hati orang ? Bagaimana manusia berdosa mengenal kelicikan hati ?
62. Waktu Sigmund Freud menggunakan hipnotis untuk menggali alam bawah sadar seseorang maka apakah praktik psikoterapi itu benar ? Apakah hipnotis itu sebenarnya praktik okultisme ?
63. Bagaimana sikap Carl Jung terhadap teologi dan bagaimana sikap Carl Jung terhadap kekristenan ? Mengapa dia sampai begitu anti dengan teologi dan membenci perjamuan kudus ?
64. Apakah agama dari Carl Jung ? Apakah praktik okultisme yang dia lakukan ? Data: Dia melakukan necromancy = ngobrol sama orang mati, spirit guides, ouja board dan praktik-praktik okultisme.
65. Apakah teori Carl Jung yang mempengaruhi orang Kristen di dalam penyembuhan ? Apakah inner healing itu benar ? Mengapa ada dipraktikan di dalam gereja ? Bagaimana dengan seorang konselor Kristen bernama David Seamands yang menulis kesembuhan emosi ? Apakah relasi teori dia dengan teori Carl Jung ?
66. Apakah ada jejak-jejak paganisme ( kekafiran ) di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ? Adakah jejak-jejak Gnostis di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ?
67. Apakah pandangan Sigmund Freud terhadap manusia dan apakah pandangan Carl Jung terhadap manusia ? Apakah pandangannya mendekati Teisme atau monisme ?
68. Apa hubungan psikoterapi sekular dengan Gnostik ?
69. Apa itu Gnostik ?
70. Menekankan apa Gnostik itu ?
71. Pengetahuan rahasia itu dimiliki semua orang atau orang-orang tertentu ( elit ) ?
72. Siapakah yang bisa membaca jiwa orang menurut psikoterapi sekular ? Apakah orang awam ataukah orang-orang elit seperti psikiater dan psikolog yang mempunyai “pengetahuan rahasia” ?
73. Pengetahuan rahasia mengenai jiwa manusia dipegang oleh siapa ?
74. Apakah Alfred Adler, Albert Ellis, William Glasser, Thomas Harris, Carl Roger, Abraham Maslow, Victor Frankl, dkk adalah orang Kristen? Kalau bukan orang Kristen maka apakah teori mereka sesuai dengan Alkitab ? Ataukah teori mereka bertentangan dengan Alkitab ?
75. Apakah psikologi itu sebuah ilmu pengetahuan atau agama ?
76. Bila psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan maka apakah metode ilmu pengetahuan mereka ? Apakah mereka sesuai dengan kriteria ilmu pengetahuan yaitu kohenrensi dan korespondensi dengan realitas ? Kalau psikologi adalah ilmu pengetahuan kenapa selalu berubah-rubah ?
77. Bila psikologi adalah sebuah agama maka agama apa ? Agama humanisme ? Agama new age ? Atau Agama NeoPaganisme ?
78. Berkaitan dengan perbandingan dengan pengetahuan rahasia dan orang elit di dalam dunia psikologi dan psikiater maka Bagaimana dengan Jay Adams memandang siapa yang bisa mengkonseling manusia ? Apakah psikolog dan psikiater ataukah lebih tepat Hamba Tuhan ?
79. Mana yang lebih baik untuk konseling yaitu sekolah Teologi atau sekolah Psikologi ?
80. Apakah orang awam bisa mengkonseling ? Apa syarat mengkonseling ?
Pertanyaan-pertanyaan mengenai Gerakan Konseling Biblika
81. Apakah yang dimaksud dengan Konseling Biblika ?
82. Siapa pelopor Konseling Biblika ? dan di dalam konteks jaman seperti apa ? Mengapa Konseling Biblika muncul ?
83. Jay Adams itu siapa ? Apa pendidikan dia ? Dimana dia berada sekarang ? Apakah buku-buku dia yang mempengaruhi dunia konseling ? Adakah pengaruh John Calvin terhadap Jay Adams ? Adakah pengaruh Cornelius Van Til terhadap Jay Adams ? Bagaimana dia sampai bisa menemukan nouthetic counseling ? Pergumulan apa yang dia gumuli ?
84. Siapa generasi kedua dan ketiga dari gerakan Biblical Counseling Movement ?
85. Sekolah-sekolah Teologi manakah di dalam dunia yang menganut paham ini ?
86. Jurnal dan riset apakah yang konseling Biblika hasilkan ?
87. Organisasi-organisasi konseling apakah yang dipengaruhi Konseling Biblika ?
88. Mengapa kita memilih Konseling Biblika daripada posisi lain ?
89. Apa yang dimaksud dengan kecukupan Alkitab ( sufficiency of Scripture ) ?
90. Apakah pandangan penganut Integrasi terhadap kecukupan Alkitab ?
91. Bila mereka memandang Alkitab itu cukup kenapa perlu psikologi ?
92. Buku-buku apa saja yang dihasilkan oleh Konseling Biblika ?
93. Apa tujuan dari Konseling Biblika ?
Pertanyaan mengenai perbandingan posisi Reformed lain selain Konseling Biblika
94. Apakah posisi lain dari Reformed mengenai konseling ?
95. Apa yang sudah mereka kerjakan di dalam riset dan jurnal ? Sekuat apa mereka menggarap pergumulan dengan konseling ini ?
96. Buku-buku apa saja yang mereka publikasikan ?
97. Organisasi-organisasi konseling apa saja yang mereka pengaruhi ?
Pertanyaan-pertanyaan lain :
98. Pada jaman dahulu ketika Tuhan Yesus mengkonseling dan menyembuhkan maka apakah dia memakai psikoterapi ? Kalau bukan maka apakah yang Tuhan Yesus gunakan ? Apakah Alkitab Perjanjian Lama ? Ataukah juga pengajaran Dia sebagai Mesias yang akan menjadi ajaran perjanjian Baru juga ?
99. Bagaimana pandangan penyembuhan jiwa di jaman Puritan ?
100. Apakah pergeseran cara pandang penyembuhan jiwa di dalam jaman Tuhan Yesus, Bapa-bapa Gereja, Abad pertengahan, Reformasi, Puritan dan jaman modern sekarang ini ?
Pertanyaan-pertanyaan mengenai teori dan praktik :
101. Apakah teori tidak penting ?
102. Apakah teori mempengaruhi praktik ?
103. Apakah setiap praktik pasti ada teorinya baik sadar maupun tidak disadari ?
104. Apakah bila teorinya salah maka praktiknya salah ? Atau bisakah bila teori salah mengakibatkan praktik benar ?
105. Apakah kita orang Reformed menjaga supaya teori itu benar sesuai dengan prinsip teologi Reformed ?
106. Apa bila konsep Teologi di dalam Konseling itu salah itu bisa mengakibatkan praktik yang benar ? Bila iya, bagaimana ?
106. Apakah bila sesuatu konsep dari Konseling tidak sesuai dengan teologi reformed maka kita tolak ? Ataukah kita terima dan adopsi atau ditebus ?
107. Konsep mengenai doktrin manusia adalah begitu sangat penting sekali di dalam menggeluti isu-isu dengan psikologi dan psikoterapi, pertanyaannya : apakah penganut Integrasi menggunakan teologi Reformed di dalam pengenalan akan doktrin manusia ? Apakah mereka setuju dengan pandangan natur manusia yang adalah satu kesatuan tetapi mempunyai dua entitas yang bisa dibedakan yaitu tubuh dan jiwa/roh ? Adakah penganut Integrasi yang doktrin manusianya seperti Anthropology di dalam teologi Reformed ?
108. Manakah posisi dan metode konseling yang paling mendekati teologi Reformed ?
109. Apakah konsep konseling Konseling Biblika itu sama dengan penganut Integrasi ?
110. Bila tidak sama maka apakah metode dan praktik konseling mereka sama ? Bila sama maka samanya dimana ? Dan bila tidak sama maka tidak samanya dimana ?
Jeffrey Lim
Institut Reformed
Minggu, 20 Oktober 2008
Updated 24 October 2008
1. Apakah psikoterapi itu ada sebelum kejatuhan atau sesudah kejatuhan manusia ke dalam dosa ?
2. Apakah psikoterapi ( penyembuhan jiwa ) itu mempresuposisikan adanya total depravity ?
3. Apakah psikoterapi itu order of creation ? ( Bandingkan dengan apakah negara itu order of creation )
4. Apakah kerusakan manusia itu kerusakan arah ataukah kerusakan struktur dan arah ? Manakah yang lebih Biblikal ?
5. Bila kerusakan manusia adalah kerusakan arah saja maka ada beberapa pertanyaan :
- Bagaimana penjelasan dengan kutukan terhadap manusia dan ciptaan ( Adam harus bekerja sulit dan berpeluh dan Hawa harus sakit melahirkan dan alam semesta harus mengeluarkan onak dan duri ) ?
- Bagaimana penjelasan manusia bisa sakit dan mati ?
- Dan dalam kaitan dengan konseling maka relasi antara tubuh-jiwa mengakibatkan masalah. Sakit di dalam jiwa dapat mengakibatkan sakit di dalam tubuh ( psychosomatic ). Ketika jiwa dipulihkan maka dapat mempengaruhi hormonal di dalam tubuh dan mengakibatkan pemulihan tubuh.
Pertanyaannya : apakah kerusakan di dalam jiwa itu kerusakan arah atau kerusakan arah dan juga struktur ?
6. Apakah tujuan Konseling Biblika itu supaya orang itu sembuh atau yang terpenting adalah menguduskan orang itu menjadi serupa dengan Kristus dan memuliakan Allah ?
7. Bila tujuan Konseling Biblika hanya untuk orang itu sembuh maka apa bedanya konseling Biblika dengan psikoterapi sekular ? Apa keunikan konseling orang Kristen dibanding dengan psikoterapi sekular ?
8. Apakah psikoterapi itu wahyu umum ? Ataukah lebih tepat respon manusia kepada wahyu umum ?
9. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum bagaimana penjelasan dengan banyaknya sistem, teori dan kutipan yang anti Kristen ? Kalau wahyu umum mengapa banyak teori, sistem dan pandangan yang bertentangan dengan wahyu khusus ? Apakah wahyu umum itu bertentangan dengan wahyu khusus ?
10. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum maka bagian mana yang wahyu umum dan bagian mana yang hasil pikiran manusia berdosa ?
11. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap wahyu umum maka sebenarnya apakah kebenaran ini jelas atau samar-samar ?
12. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap terhadap wahyu umum apakah ini bisa dijadikan standard kebenaran ? Kalau bisa yang bagian mana ?
13. Andaikata psikoterapi adalah wahyu umum maka apakah wahyu umum dan anugerah umum mempunyai kuasa untuk mentransformasi manusia berdosa untuk menjadi serupa dengan Kristus ? Kalau ada maka apa uniknya anugerah khusus ? Apa uniknya Kristus dan Alkitab ?
14. Apakah anugerah umum dipakai Roh Kudus untuk menguduskan natur manusia berdosa ?
15. Apakah anugerah umum hanya untuk menahan dosa dan melakukan civil righteousness dan bukan spiritual righteousness ?
16. Apakah sakit jiwa itu ? Apakah jiwa menurut definisi reformed ( Ibrani dan Yunani ) ?
17. Apakah sakit jiwa itu sakit fisik atau sakit rohani ?
18. Bagaimana kita memandang natur manusia ? Apakah trikotomi ataukah dikotomi ? Ataukah duplex ( yang menekankan kesatuan – Jay Adams ) ?
19. Apakah doktrin Trikotomi itu sesuai dengan teologi Reformed ataukah doktrin Trikotomi itu lebih berasal dari filsafat kafir Yunani ?
20. Bila para penganut Integrasi menggunakan doktrin Trikotomi apakah itu sesuai dengan teologi Reformed ? Adakah penganut Integrasi yang teologinya ( terutama Doktrin manusia karena doktrin ini berkaitan erat dengan isu-isu psikologis ) benar-benar teologi Reformed ? Bila ada siapa ?
21. Adakah para penganut Integrasi yang tidak menganut Trikotomi atau mengandung doktrin Trikotomi di dalam konsep mereka ?
22. Adakah ruang untuk mengintegrasikan Alkitab dengan psikoterapi sekular bila kita tidak memakai doktrin Trikotomi ? Adakah konselor-konselor Kristen profesional yang mengaku tidak menganut doktrin Trikotomi maupun dikotomi maupun duplex tetapi menggunakan sesuatu yang lain lagi tetapi di dalamnya secara samar-samar tetap mengandung pengertian Trikotomi ?
23. Bila penganut Integrasi menganut Trikotomi dan Konseling Biblika melihat natur manusia sebagai duplex, apa perbedaannya di dalam praktik konseling terhadap masalah kejiwaan ?
24. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah pandangan penganut Trikotomi dan apakah pandangan Konseling Biblika ?
25. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan penganut Trikotomi ? Apakah mereka menyerahkan kepada psikiater atau tidak ?
26. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan oleh orang-orang Konseling Biblika ?
27. Apakah praktik penganut Integrasi dan Konseling Biblika itu sama ? Kalau sama maka samanya dimana ?
28. Apakah pandangan Konseling Biblika terhadap medis dan pengobatan di dalam penyembuhan jiwa ?
29. Bagaimana pandangan Jay Adams terhadap medis dan pengobatan ? Dan bagaimana pandangan Edward Welch terhadap medis dan pengobatan dan bagaimana pandangan Robert D. Smith terhadap medis dan pengobatan ?
30. Apakah paham Konseling Biblika memandang obat itu sebagai solusi mendasar dan solusi jangka panjang ? Dan Mengapa begitu ?
31. Bagaimana pandangan Konseling Biblika terhadap medikal model ?
32. Ketika kita mengatakan obat-obat antidepressant atau stimulan atau antipsychotic atau antianxiety itu adalah anugerah umum ( tentunya ada anugerah umum ) maka obat apakah yang anda anjurkan ( partikular ) ?
- Misalnya ritalin dipakai sebagai stimulan untuk orang yang didiagnosa ADHD ( Attention Deficit Hyperactive Disorder ). Apakah ritalin aman ?
- Misalnya Lithium dipakai untuk orang yang didiagnosa Manic Depression ( Bipolar Depression ). Apakah Lithium aman ? Bukankah Lithium itu adalah zat yang toxic ?
- Atau misalnya salah satu obat antidepressant yang paling terkenal adalah Prozac. Apakah Prozac aman ? Bagaimana dengan data yang perusahaan ini sudah sembunyikan mengenai riset obat Prozac yang sampai masuk pengadilan hukum ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant SSRI itu aman ?
- Apakah obat Thalidomine adalah aman ? Bagaimana dengan bayi-bayi yang cacat karena ibunya mengkonsumsi obat ini ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant lainnya seperti Effexor, Luvox, Prozac adalah aman ? Apakah obat-obatan Antipsychotic lainnya seperti Abilify, Zyprexa, Risperdal adalah aman ? Apakah obat-obatan Antianxiety lainnya seperti Xanax adalah aman ?
Hint : Check http://www.breggin.com/
33. Bila obat-obatan antidepressant dan antipsychotic itu berbahaya maka apakah efek sampingnya ( perlu kita ketahui ) ? dan apakah bahayanya bila mengkonsumsi obat-obatan itu ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen menganjurkan pemakaian obat-obatan ini untuk solusi jangka panjang ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen tidak mengetahui data efek dari obat ini ? Apakah etis bagi konselor Kristen untuk menyerahkan mereka kepada psikiater tanpa mengetahui efek obat ?
34. Bila kita memandang di dalam psikoterapi ada wahyu umum dan anugerah umum ( tentunya ada dan akan dibahas nanti ) maka apakah data partikular wahyu umum dan anugerah umum itu ?
Misalnya apakah oedipux complex itu wahyu umum ?
Misalnya apakah sex-therapy atau nude-therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah Electric Shock Therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah psychosurgery itu anugerah umum ?
Misalnya apakah inner healing itu anugerah umum ?
Misalnya apakah cara-cara praktik okultisme untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah hipnotis untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah analisa mimpi itu wahyu umum ?
Dimana letak positif mereka dan di mana letak bahaya mereka ? Adakah unsur-unsur kekafiran ( paganism ) di dalam teori dan praktik mereka ?
Apakah bertanggung jawab bila kita mengatakan psikologi atau psikoterapi sekular itu anugerah umum tanpa mengetahui data-data detil mengenai hal ini semua ? Memang betul pasti ada aspek anugerah umum di dalam psikologi dan psikoterapi tetapi dimana aspek anugerah umumnya secara partikular ?
35. Apakah Konseling Biblika itu terlalu keras dan tidak manusiawi ? Bukankah lebih baik manusia dimengerti dan dikatakan bahwa mereka adalah korban lingkungan atau korban otak mereka atau korban hormonal atau korban genetik ?
36. Apakah metode konseling di dalam Konseling Biblika ? Apa perbedaan dengan Integrasi ?
Pertanyaan-pertanyaan refleksi orang Kristen terhadap dunia psikiatri
37. Apakah DSM itu ?
38. Apakah DSM itu sebuah ilmu pengetahuan ? Bila DSM adalah ilmu pengetahuan mengapa DSM sering berubah-rubah ? Mengapa dulu homoseksual dimasukan di dalam DSM sebagai sakit jiwa tetapi sekarang tidak dimasukkan di dalam DSM ketika masyarakat menganggap bahwa homoseksual itu ok secara etis ? Apa dasar metode menentukan orang sakit jiwa ? Dan atas dasar otoritas apa mereka menentukan apa yang normal dan apa yang tidak normal ?
39. Apakah problematis di dalam DSM ? Apakah ada hubungan dengan politik ?
40. Apakah bahaya dari labeling sesuai dengan DSM ? Apakah labeling itu impersonal ? Apakah labeling itu reduksi ? Apakah labeling itu memandang rendah manusia ? Apakah labeling itu memberikan kesan permanen ? Apakah labeling itu membagi manusia menjadi “kasta2” ?
41. Apakah psikoterapi dan psikiatri sekuler dimotivasi oleh kemanusiaan dan kasih ? Apa alasan anda mengatakan ini ?
42. Apakah itu schizophrenia ? Apakah schizophrenia menurut konsep psikologi sekular ( DSM ) ? Apakah schizophrenia menurut konsep Integrasi ? Apakah schizophrenia menurut Jay Adams ? Apakah mereka mempunyai pandangan yang sama ?
43. Apakah penyebab penyakit Schizophrenia ? Apakah schizophrenia itu disebabkan oleh organic ataukah non-organic ?
44. Bila schizophrenia itu disebabkan oleh organic maka apakah alat pengukurnya ? CT-SCAN ? MRI-SCAN ? Atau apakah ?
45. Apakah teori chemical imbalance dan Apakah teori chemical imbalance itu terbukti secara ilmiah ?
46. Apakah menjelaskan problema Depresi dan Schizophrenia menggunakan teori neurotransmitter Serotonin dan Dopamine itu adalah ilmiah ? Mengapa 50 lebih dari neurotransmitter lain di dalam otak tidak disebut ? Dan mengapa ada data dimana orang yang Depresi kadar Serotonin-nya tinggi ( tidak sesuai dengan teori ) dan ada data dimana orang Schizophrenia kadar Dopamine-nya rendah ( tidak sesuai dengan teori ) ? Apakah teori ini valid ? Bila tidak valid mengapa perusahaan obat-obat memakai teori ini sebagai iklan mereka ? Apa motivasi mereka ? Mengapa mereka begitu berani membohongi masyarakat banyak ?
47. Bagaimana para psikiater mengukur kadar serotonin dan dopamine di dalam pasien yang depresi atau schizophrenia ? Apakah hal ini dilakukan ketika sedang konseling ? Kalau tidak dilakukan bagaimana psikiater itu bisa tahu kalau ada masalah dengan kimiawi di dalam otak ? Apakah diagnosanya objektif ? Mengapa bila berganti ke beberapa psikiater maka diagnosa jiwanya bisa berbeda-beda ? Mengapa bila anda berpura-pura sakit jiwa maka psikiater bisa tertipu ? Apakah orang yang didiagnosa itu pasti jujur ? Bila dia tidak jujur apakah psikiater bisa tahu ?
48. Bagaimana cara kerja obat-obatan dan apakah efek sampingnya dan bahayanya ? Apakah efek samping secara fisik dan apa efek samping secara emosi ? Apakah sesungguhnya obat-obatan itu menyembuhkan tubuh ? Ketika dibicarakan obat mempunyai efek samping maka apakah itu efek samping ataukah efek yang utama ? Apakah obat itu mengobati Schizophrenia ataukah hanya menahan gejala sakit jiwa dan tindakan-tindakan yang mengganggu masyarakat ?
49. Apakah ilmu pengetahuan modern mengatakan bisa menyembuhkan schizophrenia ? Apa yang akan mereka lakukan terhadap penderita Schizophrenia ? Apakah mereka memberikan pengharapan bagi penderita Schizophrenia ?
Pertanyaan-pertanyaan teologis :
50. Mengapa manusia terganggu pikiran dan emosi dan tingkah lakunya ? Mengapa problema pikiran dan emosi terjadi ?
51. Apa solusi terhadap pergumulan jiwa manusia berdosa ?
Pertanyaan-pertanyaan relasi antara Psikoterapi dan Gnostik dan NeoPaganism
52. Sejak kapan muncul psikologi modern ? Darimana sejarah psikologi modern ?
53. Siapa Bapak Psikoanalisa ?
54. Bagaimana pandangan Bapak Psikoanalisa terhadap Kekristenan ?
55. Bagaimana pandangan muridnya terhadap Kekristenan ?
56. Adakah orang psikologi sekular yang menganut Kekristenan ? Bila ada siapa ? Dan apa teorinya ? Dan apa teorinya sesuai dengan Alkitab ?
57. Teori utama dari Sigmund Freud apa ?
58. Apa yang menjadi dasar melandasi tindakan seseorang menurut Sigmund Freud ?
59. Apakah Sigmund Freud percaya Tuhan ? Apakah dia banyak melakukan praktik okultisme ? Praktik-praktik okultisme apa saja yang dia lakukan ? Apakah Sigmund Freud pernah mengaku dirinya sebagai Mesias ?
60. Apakah buku-buku Sigmund Freud dan bagaimana dia menganalisa mimpi seseorang ?
61. Ketika seseorang pernah slip of tongue ( keceplosan ) dan kemudian Sigmund Freud mengatakan bahwa orang itu ada menyeleweng dan kemudian hal itu benar, lalu Sigmund Freud mengaku dia bisa membaca hati orang. Bisakah manusia berdosa membaca hati orang ? Bagaimana manusia berdosa mengenal kelicikan hati ?
62. Waktu Sigmund Freud menggunakan hipnotis untuk menggali alam bawah sadar seseorang maka apakah praktik psikoterapi itu benar ? Apakah hipnotis itu sebenarnya praktik okultisme ?
63. Bagaimana sikap Carl Jung terhadap teologi dan bagaimana sikap Carl Jung terhadap kekristenan ? Mengapa dia sampai begitu anti dengan teologi dan membenci perjamuan kudus ?
64. Apakah agama dari Carl Jung ? Apakah praktik okultisme yang dia lakukan ? Data: Dia melakukan necromancy = ngobrol sama orang mati, spirit guides, ouja board dan praktik-praktik okultisme.
65. Apakah teori Carl Jung yang mempengaruhi orang Kristen di dalam penyembuhan ? Apakah inner healing itu benar ? Mengapa ada dipraktikan di dalam gereja ? Bagaimana dengan seorang konselor Kristen bernama David Seamands yang menulis kesembuhan emosi ? Apakah relasi teori dia dengan teori Carl Jung ?
66. Apakah ada jejak-jejak paganisme ( kekafiran ) di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ? Adakah jejak-jejak Gnostis di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ?
67. Apakah pandangan Sigmund Freud terhadap manusia dan apakah pandangan Carl Jung terhadap manusia ? Apakah pandangannya mendekati Teisme atau monisme ?
68. Apa hubungan psikoterapi sekular dengan Gnostik ?
69. Apa itu Gnostik ?
70. Menekankan apa Gnostik itu ?
71. Pengetahuan rahasia itu dimiliki semua orang atau orang-orang tertentu ( elit ) ?
72. Siapakah yang bisa membaca jiwa orang menurut psikoterapi sekular ? Apakah orang awam ataukah orang-orang elit seperti psikiater dan psikolog yang mempunyai “pengetahuan rahasia” ?
73. Pengetahuan rahasia mengenai jiwa manusia dipegang oleh siapa ?
74. Apakah Alfred Adler, Albert Ellis, William Glasser, Thomas Harris, Carl Roger, Abraham Maslow, Victor Frankl, dkk adalah orang Kristen? Kalau bukan orang Kristen maka apakah teori mereka sesuai dengan Alkitab ? Ataukah teori mereka bertentangan dengan Alkitab ?
75. Apakah psikologi itu sebuah ilmu pengetahuan atau agama ?
76. Bila psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan maka apakah metode ilmu pengetahuan mereka ? Apakah mereka sesuai dengan kriteria ilmu pengetahuan yaitu kohenrensi dan korespondensi dengan realitas ? Kalau psikologi adalah ilmu pengetahuan kenapa selalu berubah-rubah ?
77. Bila psikologi adalah sebuah agama maka agama apa ? Agama humanisme ? Agama new age ? Atau Agama NeoPaganisme ?
78. Berkaitan dengan perbandingan dengan pengetahuan rahasia dan orang elit di dalam dunia psikologi dan psikiater maka Bagaimana dengan Jay Adams memandang siapa yang bisa mengkonseling manusia ? Apakah psikolog dan psikiater ataukah lebih tepat Hamba Tuhan ?
79. Mana yang lebih baik untuk konseling yaitu sekolah Teologi atau sekolah Psikologi ?
80. Apakah orang awam bisa mengkonseling ? Apa syarat mengkonseling ?
Pertanyaan-pertanyaan mengenai Gerakan Konseling Biblika
81. Apakah yang dimaksud dengan Konseling Biblika ?
82. Siapa pelopor Konseling Biblika ? dan di dalam konteks jaman seperti apa ? Mengapa Konseling Biblika muncul ?
83. Jay Adams itu siapa ? Apa pendidikan dia ? Dimana dia berada sekarang ? Apakah buku-buku dia yang mempengaruhi dunia konseling ? Adakah pengaruh John Calvin terhadap Jay Adams ? Adakah pengaruh Cornelius Van Til terhadap Jay Adams ? Bagaimana dia sampai bisa menemukan nouthetic counseling ? Pergumulan apa yang dia gumuli ?
84. Siapa generasi kedua dan ketiga dari gerakan Biblical Counseling Movement ?
85. Sekolah-sekolah Teologi manakah di dalam dunia yang menganut paham ini ?
86. Jurnal dan riset apakah yang konseling Biblika hasilkan ?
87. Organisasi-organisasi konseling apakah yang dipengaruhi Konseling Biblika ?
88. Mengapa kita memilih Konseling Biblika daripada posisi lain ?
89. Apa yang dimaksud dengan kecukupan Alkitab ( sufficiency of Scripture ) ?
90. Apakah pandangan penganut Integrasi terhadap kecukupan Alkitab ?
91. Bila mereka memandang Alkitab itu cukup kenapa perlu psikologi ?
92. Buku-buku apa saja yang dihasilkan oleh Konseling Biblika ?
93. Apa tujuan dari Konseling Biblika ?
Pertanyaan mengenai perbandingan posisi Reformed lain selain Konseling Biblika
94. Apakah posisi lain dari Reformed mengenai konseling ?
95. Apa yang sudah mereka kerjakan di dalam riset dan jurnal ? Sekuat apa mereka menggarap pergumulan dengan konseling ini ?
96. Buku-buku apa saja yang mereka publikasikan ?
97. Organisasi-organisasi konseling apa saja yang mereka pengaruhi ?
Pertanyaan-pertanyaan lain :
98. Pada jaman dahulu ketika Tuhan Yesus mengkonseling dan menyembuhkan maka apakah dia memakai psikoterapi ? Kalau bukan maka apakah yang Tuhan Yesus gunakan ? Apakah Alkitab Perjanjian Lama ? Ataukah juga pengajaran Dia sebagai Mesias yang akan menjadi ajaran perjanjian Baru juga ?
99. Bagaimana pandangan penyembuhan jiwa di jaman Puritan ?
100. Apakah pergeseran cara pandang penyembuhan jiwa di dalam jaman Tuhan Yesus, Bapa-bapa Gereja, Abad pertengahan, Reformasi, Puritan dan jaman modern sekarang ini ?
Pertanyaan-pertanyaan mengenai teori dan praktik :
101. Apakah teori tidak penting ?
102. Apakah teori mempengaruhi praktik ?
103. Apakah setiap praktik pasti ada teorinya baik sadar maupun tidak disadari ?
104. Apakah bila teorinya salah maka praktiknya salah ? Atau bisakah bila teori salah mengakibatkan praktik benar ?
105. Apakah kita orang Reformed menjaga supaya teori itu benar sesuai dengan prinsip teologi Reformed ?
106. Apa bila konsep Teologi di dalam Konseling itu salah itu bisa mengakibatkan praktik yang benar ? Bila iya, bagaimana ?
106. Apakah bila sesuatu konsep dari Konseling tidak sesuai dengan teologi reformed maka kita tolak ? Ataukah kita terima dan adopsi atau ditebus ?
107. Konsep mengenai doktrin manusia adalah begitu sangat penting sekali di dalam menggeluti isu-isu dengan psikologi dan psikoterapi, pertanyaannya : apakah penganut Integrasi menggunakan teologi Reformed di dalam pengenalan akan doktrin manusia ? Apakah mereka setuju dengan pandangan natur manusia yang adalah satu kesatuan tetapi mempunyai dua entitas yang bisa dibedakan yaitu tubuh dan jiwa/roh ? Adakah penganut Integrasi yang doktrin manusianya seperti Anthropology di dalam teologi Reformed ?
108. Manakah posisi dan metode konseling yang paling mendekati teologi Reformed ?
109. Apakah konsep konseling Konseling Biblika itu sama dengan penganut Integrasi ?
110. Bila tidak sama maka apakah metode dan praktik konseling mereka sama ? Bila sama maka samanya dimana ? Dan bila tidak sama maka tidak samanya dimana ?
Jeffrey Lim
Institut Reformed
Minggu, 20 Oktober 2008
Updated 24 October 2008
No comments:
Post a Comment