Friday, October 24, 2008

110 Pertanyaan-pertanyaan Refleksi mengenai Psikoterapi, Integrasi dan Konseling Biblika











110 Pertanyaan-pertanyaan refleksi mengenai Psikoterapi, Integrasi dan Konseling Biblika untuk digumuli sama-sama



1. Apakah psikoterapi itu ada sebelum kejatuhan atau sesudah kejatuhan manusia ke dalam dosa ?

2. Apakah psikoterapi ( penyembuhan jiwa ) itu mempresuposisikan adanya total depravity ?

3. Apakah psikoterapi itu order of creation ? ( Bandingkan dengan apakah negara itu order of creation )

4. Apakah kerusakan manusia itu kerusakan arah ataukah kerusakan struktur dan arah ? Manakah yang lebih Biblikal ?

5. Bila kerusakan manusia adalah kerusakan arah saja maka ada beberapa pertanyaan :
- Bagaimana penjelasan dengan kutukan terhadap manusia dan ciptaan ( Adam harus bekerja sulit dan berpeluh dan Hawa harus sakit melahirkan dan alam semesta harus mengeluarkan onak dan duri ) ?
- Bagaimana penjelasan manusia bisa sakit dan mati ?
- Dan dalam kaitan dengan konseling maka relasi antara tubuh-jiwa mengakibatkan masalah. Sakit di dalam jiwa dapat mengakibatkan sakit di dalam tubuh ( psychosomatic ). Ketika jiwa dipulihkan maka dapat mempengaruhi hormonal di dalam tubuh dan mengakibatkan pemulihan tubuh.
Pertanyaannya : apakah kerusakan di dalam jiwa itu kerusakan arah atau kerusakan arah dan juga struktur ?

6. Apakah tujuan Konseling Biblika itu supaya orang itu sembuh atau yang terpenting adalah menguduskan orang itu menjadi serupa dengan Kristus dan memuliakan Allah ?

7. Bila tujuan Konseling Biblika hanya untuk orang itu sembuh maka apa bedanya konseling Biblika dengan psikoterapi sekular ? Apa keunikan konseling orang Kristen dibanding dengan psikoterapi sekular ?

8. Apakah psikoterapi itu wahyu umum ? Ataukah lebih tepat respon manusia kepada wahyu umum ?

9. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum bagaimana penjelasan dengan banyaknya sistem, teori dan kutipan yang anti Kristen ? Kalau wahyu umum mengapa banyak teori, sistem dan pandangan yang bertentangan dengan wahyu khusus ? Apakah wahyu umum itu bertentangan dengan wahyu khusus ?

10. Kalau psikoterapi adalah wahyu umum maka bagian mana yang wahyu umum dan bagian mana yang hasil pikiran manusia berdosa ?

11. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap wahyu umum maka sebenarnya apakah kebenaran ini jelas atau samar-samar ?

12. Kalau psikoterapi adalah respon manusia berdosa terhadap terhadap wahyu umum apakah ini bisa dijadikan standard kebenaran ? Kalau bisa yang bagian mana ?

13. Andaikata psikoterapi adalah wahyu umum maka apakah wahyu umum dan anugerah umum mempunyai kuasa untuk mentransformasi manusia berdosa untuk menjadi serupa dengan Kristus ? Kalau ada maka apa uniknya anugerah khusus ? Apa uniknya Kristus dan Alkitab ?

14. Apakah anugerah umum dipakai Roh Kudus untuk menguduskan natur manusia berdosa ?

15. Apakah anugerah umum hanya untuk menahan dosa dan melakukan civil righteousness dan bukan spiritual righteousness ?

16. Apakah sakit jiwa itu ? Apakah jiwa menurut definisi reformed ( Ibrani dan Yunani ) ?

17. Apakah sakit jiwa itu sakit fisik atau sakit rohani ?

18. Bagaimana kita memandang natur manusia ? Apakah trikotomi ataukah dikotomi ? Ataukah duplex ( yang menekankan kesatuan – Jay Adams ) ?

19. Apakah doktrin Trikotomi itu sesuai dengan teologi Reformed ataukah doktrin Trikotomi itu lebih berasal dari filsafat kafir Yunani ?

20. Bila para penganut Integrasi menggunakan doktrin Trikotomi apakah itu sesuai dengan teologi Reformed ? Adakah penganut Integrasi yang teologinya ( terutama Doktrin manusia karena doktrin ini berkaitan erat dengan isu-isu psikologis ) benar-benar teologi Reformed ? Bila ada siapa ?

21. Adakah para penganut Integrasi yang tidak menganut Trikotomi atau mengandung doktrin Trikotomi di dalam konsep mereka ?

22. Adakah ruang untuk mengintegrasikan Alkitab dengan psikoterapi sekular bila kita tidak memakai doktrin Trikotomi ? Adakah konselor-konselor Kristen profesional yang mengaku tidak menganut doktrin Trikotomi maupun dikotomi maupun duplex tetapi menggunakan sesuatu yang lain lagi tetapi di dalamnya secara samar-samar tetap mengandung pengertian Trikotomi ?

23. Bila penganut Integrasi menganut Trikotomi dan Konseling Biblika melihat natur manusia sebagai duplex, apa perbedaannya di dalam praktik konseling terhadap masalah kejiwaan ?

24. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah pandangan penganut Trikotomi dan apakah pandangan Konseling Biblika ?

25. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan penganut Trikotomi ? Apakah mereka menyerahkan kepada psikiater atau tidak ?

26. Bila seorang didiagnosa Schizophrenia maka apakah yang dilakukan oleh orang-orang Konseling Biblika ?

27. Apakah praktik penganut Integrasi dan Konseling Biblika itu sama ? Kalau sama maka samanya dimana ?

28. Apakah pandangan Konseling Biblika terhadap medis dan pengobatan di dalam penyembuhan jiwa ?

29. Bagaimana pandangan Jay Adams terhadap medis dan pengobatan ? Dan bagaimana pandangan Edward Welch terhadap medis dan pengobatan dan bagaimana pandangan Robert D. Smith terhadap medis dan pengobatan ?

30. Apakah paham Konseling Biblika memandang obat itu sebagai solusi mendasar dan solusi jangka panjang ? Dan Mengapa begitu ?

31. Bagaimana pandangan Konseling Biblika terhadap medikal model ?

32. Ketika kita mengatakan obat-obat antidepressant atau stimulan atau antipsychotic atau antianxiety itu adalah anugerah umum ( tentunya ada anugerah umum ) maka obat apakah yang anda anjurkan ( partikular ) ?
- Misalnya ritalin dipakai sebagai stimulan untuk orang yang didiagnosa ADHD ( Attention Deficit Hyperactive Disorder ). Apakah ritalin aman ?
- Misalnya Lithium dipakai untuk orang yang didiagnosa Manic Depression ( Bipolar Depression ). Apakah Lithium aman ? Bukankah Lithium itu adalah zat yang toxic ?
- Atau misalnya salah satu obat antidepressant yang paling terkenal adalah Prozac. Apakah Prozac aman ? Bagaimana dengan data yang perusahaan ini sudah sembunyikan mengenai riset obat Prozac yang sampai masuk pengadilan hukum ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant SSRI itu aman ?
- Apakah obat Thalidomine adalah aman ? Bagaimana dengan bayi-bayi yang cacat karena ibunya mengkonsumsi obat ini ?
- Apakah obat-obatan Antidepressant lainnya seperti Effexor, Luvox, Prozac adalah aman ? Apakah obat-obatan Antipsychotic lainnya seperti Abilify, Zyprexa, Risperdal adalah aman ? Apakah obat-obatan Antianxiety lainnya seperti Xanax adalah aman ?
Hint : Check http://www.breggin.com/

33. Bila obat-obatan antidepressant dan antipsychotic itu berbahaya maka apakah efek sampingnya ( perlu kita ketahui ) ? dan apakah bahayanya bila mengkonsumsi obat-obatan itu ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen menganjurkan pemakaian obat-obatan ini untuk solusi jangka panjang ? Apakah bertanggung jawab bila konselor Kristen tidak mengetahui data efek dari obat ini ? Apakah etis bagi konselor Kristen untuk menyerahkan mereka kepada psikiater tanpa mengetahui efek obat ?


34. Bila kita memandang di dalam psikoterapi ada wahyu umum dan anugerah umum ( tentunya ada dan akan dibahas nanti ) maka apakah data partikular wahyu umum dan anugerah umum itu ?
Misalnya apakah oedipux complex itu wahyu umum ?
Misalnya apakah sex-therapy atau nude-therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah Electric Shock Therapy itu anugerah umum ?
Misalnya apakah psychosurgery itu anugerah umum ?
Misalnya apakah inner healing itu anugerah umum ?
Misalnya apakah cara-cara praktik okultisme untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah hipnotis untuk terapi jiwa adalah anugerah umum ?
Misalnya apakah analisa mimpi itu wahyu umum ?
Dimana letak positif mereka dan di mana letak bahaya mereka ? Adakah unsur-unsur kekafiran ( paganism ) di dalam teori dan praktik mereka ?
Apakah bertanggung jawab bila kita mengatakan psikologi atau psikoterapi sekular itu anugerah umum tanpa mengetahui data-data detil mengenai hal ini semua ? Memang betul pasti ada aspek anugerah umum di dalam psikologi dan psikoterapi tetapi dimana aspek anugerah umumnya secara partikular ?

35. Apakah Konseling Biblika itu terlalu keras dan tidak manusiawi ? Bukankah lebih baik manusia dimengerti dan dikatakan bahwa mereka adalah korban lingkungan atau korban otak mereka atau korban hormonal atau korban genetik ?

36. Apakah metode konseling di dalam Konseling Biblika ? Apa perbedaan dengan Integrasi ?

Pertanyaan-pertanyaan refleksi orang Kristen terhadap dunia psikiatri

37. Apakah DSM itu ?

38. Apakah DSM itu sebuah ilmu pengetahuan ? Bila DSM adalah ilmu pengetahuan mengapa DSM sering berubah-rubah ? Mengapa dulu homoseksual dimasukan di dalam DSM sebagai sakit jiwa tetapi sekarang tidak dimasukkan di dalam DSM ketika masyarakat menganggap bahwa homoseksual itu ok secara etis ? Apa dasar metode menentukan orang sakit jiwa ? Dan atas dasar otoritas apa mereka menentukan apa yang normal dan apa yang tidak normal ?

39. Apakah problematis di dalam DSM ? Apakah ada hubungan dengan politik ?

40. Apakah bahaya dari labeling sesuai dengan DSM ? Apakah labeling itu impersonal ? Apakah labeling itu reduksi ? Apakah labeling itu memandang rendah manusia ? Apakah labeling itu memberikan kesan permanen ? Apakah labeling itu membagi manusia menjadi “kasta2” ?

41. Apakah psikoterapi dan psikiatri sekuler dimotivasi oleh kemanusiaan dan kasih ? Apa alasan anda mengatakan ini ?

42. Apakah itu schizophrenia ? Apakah schizophrenia menurut konsep psikologi sekular ( DSM ) ? Apakah schizophrenia menurut konsep Integrasi ? Apakah schizophrenia menurut Jay Adams ? Apakah mereka mempunyai pandangan yang sama ?

43. Apakah penyebab penyakit Schizophrenia ? Apakah schizophrenia itu disebabkan oleh organic ataukah non-organic ?

44. Bila schizophrenia itu disebabkan oleh organic maka apakah alat pengukurnya ? CT-SCAN ? MRI-SCAN ? Atau apakah ?

45. Apakah teori chemical imbalance dan Apakah teori chemical imbalance itu terbukti secara ilmiah ?

46. Apakah menjelaskan problema Depresi dan Schizophrenia menggunakan teori neurotransmitter Serotonin dan Dopamine itu adalah ilmiah ? Mengapa 50 lebih dari neurotransmitter lain di dalam otak tidak disebut ? Dan mengapa ada data dimana orang yang Depresi kadar Serotonin-nya tinggi ( tidak sesuai dengan teori ) dan ada data dimana orang Schizophrenia kadar Dopamine-nya rendah ( tidak sesuai dengan teori ) ? Apakah teori ini valid ? Bila tidak valid mengapa perusahaan obat-obat memakai teori ini sebagai iklan mereka ? Apa motivasi mereka ? Mengapa mereka begitu berani membohongi masyarakat banyak ?

47. Bagaimana para psikiater mengukur kadar serotonin dan dopamine di dalam pasien yang depresi atau schizophrenia ? Apakah hal ini dilakukan ketika sedang konseling ? Kalau tidak dilakukan bagaimana psikiater itu bisa tahu kalau ada masalah dengan kimiawi di dalam otak ? Apakah diagnosanya objektif ? Mengapa bila berganti ke beberapa psikiater maka diagnosa jiwanya bisa berbeda-beda ? Mengapa bila anda berpura-pura sakit jiwa maka psikiater bisa tertipu ? Apakah orang yang didiagnosa itu pasti jujur ? Bila dia tidak jujur apakah psikiater bisa tahu ?

48. Bagaimana cara kerja obat-obatan dan apakah efek sampingnya dan bahayanya ? Apakah efek samping secara fisik dan apa efek samping secara emosi ? Apakah sesungguhnya obat-obatan itu menyembuhkan tubuh ? Ketika dibicarakan obat mempunyai efek samping maka apakah itu efek samping ataukah efek yang utama ? Apakah obat itu mengobati Schizophrenia ataukah hanya menahan gejala sakit jiwa dan tindakan-tindakan yang mengganggu masyarakat ?

49. Apakah ilmu pengetahuan modern mengatakan bisa menyembuhkan schizophrenia ? Apa yang akan mereka lakukan terhadap penderita Schizophrenia ? Apakah mereka memberikan pengharapan bagi penderita Schizophrenia ?


Pertanyaan-pertanyaan teologis :

50. Mengapa manusia terganggu pikiran dan emosi dan tingkah lakunya ? Mengapa problema pikiran dan emosi terjadi ?

51. Apa solusi terhadap pergumulan jiwa manusia berdosa ?

Pertanyaan-pertanyaan relasi antara Psikoterapi dan Gnostik dan NeoPaganism

52. Sejak kapan muncul psikologi modern ? Darimana sejarah psikologi modern ?

53. Siapa Bapak Psikoanalisa ?

54. Bagaimana pandangan Bapak Psikoanalisa terhadap Kekristenan ?
55. Bagaimana pandangan muridnya terhadap Kekristenan ?

56. Adakah orang psikologi sekular yang menganut Kekristenan ? Bila ada siapa ? Dan apa teorinya ? Dan apa teorinya sesuai dengan Alkitab ?

57. Teori utama dari Sigmund Freud apa ?

58. Apa yang menjadi dasar melandasi tindakan seseorang menurut Sigmund Freud ?

59. Apakah Sigmund Freud percaya Tuhan ? Apakah dia banyak melakukan praktik okultisme ? Praktik-praktik okultisme apa saja yang dia lakukan ? Apakah Sigmund Freud pernah mengaku dirinya sebagai Mesias ?

60. Apakah buku-buku Sigmund Freud dan bagaimana dia menganalisa mimpi seseorang ?

61. Ketika seseorang pernah slip of tongue ( keceplosan ) dan kemudian Sigmund Freud mengatakan bahwa orang itu ada menyeleweng dan kemudian hal itu benar, lalu Sigmund Freud mengaku dia bisa membaca hati orang. Bisakah manusia berdosa membaca hati orang ? Bagaimana manusia berdosa mengenal kelicikan hati ?

62. Waktu Sigmund Freud menggunakan hipnotis untuk menggali alam bawah sadar seseorang maka apakah praktik psikoterapi itu benar ? Apakah hipnotis itu sebenarnya praktik okultisme ?

63. Bagaimana sikap Carl Jung terhadap teologi dan bagaimana sikap Carl Jung terhadap kekristenan ? Mengapa dia sampai begitu anti dengan teologi dan membenci perjamuan kudus ?

64. Apakah agama dari Carl Jung ? Apakah praktik okultisme yang dia lakukan ? Data: Dia melakukan necromancy = ngobrol sama orang mati, spirit guides, ouja board dan praktik-praktik okultisme.

65. Apakah teori Carl Jung yang mempengaruhi orang Kristen di dalam penyembuhan ? Apakah inner healing itu benar ? Mengapa ada dipraktikan di dalam gereja ? Bagaimana dengan seorang konselor Kristen bernama David Seamands yang menulis kesembuhan emosi ? Apakah relasi teori dia dengan teori Carl Jung ?

66. Apakah ada jejak-jejak paganisme ( kekafiran ) di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ? Adakah jejak-jejak Gnostis di dalam Sigmund Freud dan Carl Jung ?

67. Apakah pandangan Sigmund Freud terhadap manusia dan apakah pandangan Carl Jung terhadap manusia ? Apakah pandangannya mendekati Teisme atau monisme ?

68. Apa hubungan psikoterapi sekular dengan Gnostik ?

69. Apa itu Gnostik ?

70. Menekankan apa Gnostik itu ?

71. Pengetahuan rahasia itu dimiliki semua orang atau orang-orang tertentu ( elit ) ?

72. Siapakah yang bisa membaca jiwa orang menurut psikoterapi sekular ? Apakah orang awam ataukah orang-orang elit seperti psikiater dan psikolog yang mempunyai “pengetahuan rahasia” ?

73. Pengetahuan rahasia mengenai jiwa manusia dipegang oleh siapa ?

74. Apakah Alfred Adler, Albert Ellis, William Glasser, Thomas Harris, Carl Roger, Abraham Maslow, Victor Frankl, dkk adalah orang Kristen? Kalau bukan orang Kristen maka apakah teori mereka sesuai dengan Alkitab ? Ataukah teori mereka bertentangan dengan Alkitab ?

75. Apakah psikologi itu sebuah ilmu pengetahuan atau agama ?

76. Bila psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan maka apakah metode ilmu pengetahuan mereka ? Apakah mereka sesuai dengan kriteria ilmu pengetahuan yaitu kohenrensi dan korespondensi dengan realitas ? Kalau psikologi adalah ilmu pengetahuan kenapa selalu berubah-rubah ?

77. Bila psikologi adalah sebuah agama maka agama apa ? Agama humanisme ? Agama new age ? Atau Agama NeoPaganisme ?

78. Berkaitan dengan perbandingan dengan pengetahuan rahasia dan orang elit di dalam dunia psikologi dan psikiater maka Bagaimana dengan Jay Adams memandang siapa yang bisa mengkonseling manusia ? Apakah psikolog dan psikiater ataukah lebih tepat Hamba Tuhan ?

79. Mana yang lebih baik untuk konseling yaitu sekolah Teologi atau sekolah Psikologi ?

80. Apakah orang awam bisa mengkonseling ? Apa syarat mengkonseling ?

Pertanyaan-pertanyaan mengenai Gerakan Konseling Biblika

81. Apakah yang dimaksud dengan Konseling Biblika ?

82. Siapa pelopor Konseling Biblika ? dan di dalam konteks jaman seperti apa ? Mengapa Konseling Biblika muncul ?

83. Jay Adams itu siapa ? Apa pendidikan dia ? Dimana dia berada sekarang ? Apakah buku-buku dia yang mempengaruhi dunia konseling ? Adakah pengaruh John Calvin terhadap Jay Adams ? Adakah pengaruh Cornelius Van Til terhadap Jay Adams ? Bagaimana dia sampai bisa menemukan nouthetic counseling ? Pergumulan apa yang dia gumuli ?

84. Siapa generasi kedua dan ketiga dari gerakan Biblical Counseling Movement ?

85. Sekolah-sekolah Teologi manakah di dalam dunia yang menganut paham ini ?

86. Jurnal dan riset apakah yang konseling Biblika hasilkan ?

87. Organisasi-organisasi konseling apakah yang dipengaruhi Konseling Biblika ?

88. Mengapa kita memilih Konseling Biblika daripada posisi lain ?

89. Apa yang dimaksud dengan kecukupan Alkitab ( sufficiency of Scripture ) ?

90. Apakah pandangan penganut Integrasi terhadap kecukupan Alkitab ?

91. Bila mereka memandang Alkitab itu cukup kenapa perlu psikologi ?

92. Buku-buku apa saja yang dihasilkan oleh Konseling Biblika ?

93. Apa tujuan dari Konseling Biblika ?

Pertanyaan mengenai perbandingan posisi Reformed lain selain Konseling Biblika

94. Apakah posisi lain dari Reformed mengenai konseling ?

95. Apa yang sudah mereka kerjakan di dalam riset dan jurnal ? Sekuat apa mereka menggarap pergumulan dengan konseling ini ?

96. Buku-buku apa saja yang mereka publikasikan ?

97. Organisasi-organisasi konseling apa saja yang mereka pengaruhi ?

Pertanyaan-pertanyaan lain :

98. Pada jaman dahulu ketika Tuhan Yesus mengkonseling dan menyembuhkan maka apakah dia memakai psikoterapi ? Kalau bukan maka apakah yang Tuhan Yesus gunakan ? Apakah Alkitab Perjanjian Lama ? Ataukah juga pengajaran Dia sebagai Mesias yang akan menjadi ajaran perjanjian Baru juga ?

99. Bagaimana pandangan penyembuhan jiwa di jaman Puritan ?

100. Apakah pergeseran cara pandang penyembuhan jiwa di dalam jaman Tuhan Yesus, Bapa-bapa Gereja, Abad pertengahan, Reformasi, Puritan dan jaman modern sekarang ini ?

Pertanyaan-pertanyaan mengenai teori dan praktik :

101. Apakah teori tidak penting ?

102. Apakah teori mempengaruhi praktik ?

103. Apakah setiap praktik pasti ada teorinya baik sadar maupun tidak disadari ?

104. Apakah bila teorinya salah maka praktiknya salah ? Atau bisakah bila teori salah mengakibatkan praktik benar ?

105. Apakah kita orang Reformed menjaga supaya teori itu benar sesuai dengan prinsip teologi Reformed ?

106. Apa bila konsep Teologi di dalam Konseling itu salah itu bisa mengakibatkan praktik yang benar ? Bila iya, bagaimana ?

106. Apakah bila sesuatu konsep dari Konseling tidak sesuai dengan teologi reformed maka kita tolak ? Ataukah kita terima dan adopsi atau ditebus ?

107. Konsep mengenai doktrin manusia adalah begitu sangat penting sekali di dalam menggeluti isu-isu dengan psikologi dan psikoterapi, pertanyaannya : apakah penganut Integrasi menggunakan teologi Reformed di dalam pengenalan akan doktrin manusia ? Apakah mereka setuju dengan pandangan natur manusia yang adalah satu kesatuan tetapi mempunyai dua entitas yang bisa dibedakan yaitu tubuh dan jiwa/roh ? Adakah penganut Integrasi yang doktrin manusianya seperti Anthropology di dalam teologi Reformed ?

108. Manakah posisi dan metode konseling yang paling mendekati teologi Reformed ?

109. Apakah konsep konseling Konseling Biblika itu sama dengan penganut Integrasi ?

110. Bila tidak sama maka apakah metode dan praktik konseling mereka sama ? Bila sama maka samanya dimana ? Dan bila tidak sama maka tidak samanya dimana ?


Jeffrey Lim
Institut Reformed
Minggu, 20 Oktober 2008
Updated 24 October 2008

No comments:

LIMPINGEN BLOG