Wednesday, June 06, 2007

Make your own anti depressant

Make your own anti depressant
Jeffrey Lim

Di dalam dunia sekarang, orang yang stress dan depresi makin banyak. Tetapi banyak orang salah langkah di dalam ambil keputusan untuk penyembuhan. Orang pikir penyembuhannya adalah dengan obat anti depressant. Asumsi ini diambil karena depresi disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi di otak. Maka untuk menyeimbangkan cairan kimiawi, kita memakan anti depressant.
Namun sebenarnya kalau kita teliti lebih dalam. Sebenarnya penyebab depresi ini bisa secara fisik maupun secara rohani. Secara fisik depresi memang diakibatkan oleh ketidakseimbangan kimiawi. Tetapi seringkali depresi diakibatkan karena rohani spiritual. Pola pikir yang salah, pola pikir negatif, dosa, kebiasaan buruk dapat mengakibatkan depresi secara rohani. Dan akibat dari depresi rohani ini mempengaruhi fisik. Fisik menjadi lemah, emosi menjadi depresi, kekurangan energi, tidak ada gairah, hidup serasa susah dan menyedihkan, tidak nafsu makan. Ini semua gejala fisik yang diakibatkan oleh rohani.
Seperti rohani mempengaruhi fisik, maka penyelesaiannya utamanya bukan di fisik. Tetapi penyelesaian utamanya adalah di rohani. Ada beberapa langkah yang penting supaya anda dapat bebas dari depresi rohani dan yang akan mengakibatkan kebebasan di dalam fisik jika ternyata problemanya adalah depresi rohani. Langkahnya adalah :
1. Alami pengampunan total dari Tuhan Allah
Mengalami diampuni dan dikasihi Allah
2. Mengampuni orang lain
Kebencian dapat mengakibatkan kepahitan dan depresi. Karena itu sebelum kita mengampuni tidak mungkin depresi ini hilang.
3. Mengampuni diri sendiri
Setelah menerima pengampunan dari Tuhan Allah dan sesama, kita harus mengampuni diri kita sendiri dan jangan mau terbelenggu oleh rasa bersalah. Kita sudah tidak dihukum di dalam Kristus.
Setelah ini semua beres maka langkah berikutnya adalah :
1. Hidup disiplin dan teratur
Belajar hidup di bawah struktur dan kebiasaan baik. Ini membuat hidup serasa lebih teratur, terarah dan berguna
2. Pikirkan Firman Tuhan
Seperti pikiran yang negatif mengakibatkan emosi negatif. Merenungkan Firman Tuhan mengakibatkan kita berbuah. Merenungkan Firman Tuhan mutlak diperlukan. Depresi memerlukan perubahan pikiran
3. Pikirkan pikiran positif dan yang baik
Selain memikirkan Firman Tuhan, kita juga harus memikirkan pikiran yang baik. Pikiran yang positif dan baik mengakibatkan emosi yang positif dan baik.
4. Melayani orang lain
Kebanyakan manusia merasa depresi dan kesepian karena berfokus pada diri sendiri. Tetapi bila kita berpusat pada melayani orang lain, aneh sekali bahwa kita sendiri akan terpenuhi,
5. Lakukan semua untuk kemuliaan nama Tuhan Allah
Bila kita melakukan semua untuk kemuliaan Allah, kita sendiri akan mengalami kelimpahan hidup dari Tuhan Allah.
Dengan melakukan hal-hal di atas dengan merubahnya menjadi kebiasaan maka anda akan membuat anti depressant yang lebih daripada Prozac, Effexor, dll. Karena anda berurusan dengan sumber masalah : Yaitu kerohanian
Jeffrey Lim
Taipei, 6 Juni 2007
Ketika merenung habis pulang dari Pantai

No comments:

LIMPINGEN BLOG