Tuesday, June 19, 2007

Doktrin Roh Kudus

Doktrin Roh Kudus
Jeffrey Lim

Roh Kudus, Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Kristus, Roh Tuhan.
Pada bagian ini kita akan membahas pekerjaan dari Roh Kudus
Pekerjaan Roh Kudus adalah manifestasi dari kehadiran aktif dari Allah di dalam dunia terutama di dalam gereja.
Roh Kudus adalah anggota Tritunggal yang Alkitab sering hadirkan sebgai oknum yang melakukan pekerjaan Allah di dalam dunia. Ini benar di dalam seluruh Alkitab terutama di dalam jaman perjanjian Baru.

Dari sejak permulaan penciptaan, Roh Kudus menyelesaikan dan menopang apa yang Allah Bapa sudah rancang dan Allah Anak sudah mulai. Di dalam Kej 1:2 “Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air”
Pada saat Pentakosta, Roh Kudus memberikan kuasa kepada gereja ( Kis 1:8, 2:4, 17-18 ).
Paulus membicarakan Roh Kudus sebagai karunia sulung ( Rom 8:23 )
Dan sebagai jaminan ( 2 Kor 1:22, 5:5 ) Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Di dalam PL, kehadiran Roh Kudus membawa berkat besar dari Allah. Yesaya memprediksikan ketika Roh Kudus membawa kebangunan :
Sebab purimu sudah ditinggalkan dan keramaian kotamu sudah berubah menjadi kesepian. Bukit dan Menara sudah menjadi tanah rata untuk selama-lamanya, menjadi tempat kegirangan bagi keledai hutan dan tempat makan rumput bagi kawanan binatang. Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan. Di padang gurun selalu akan berlaku keadilan dan di kebun buah-buahan akan tetap ada kebenaran. Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.Bangsaku akan diam di tempat yang damai, di tempat tinggal yang tenteram di tempat peristirahatan yang aman. (Yes 32:14-18 )
Allah menubuatkan melalui Yesaya kepada Yakub “Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
Yes 44:3”
Dengan kontras, kepergian Roh Kudus menghilangkan berkat dari Allah kepada umat
“Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. “ ( Yes 63:10 )

Beberapa nubuat di PL memprediksikan ketika Allah akan membuat perjanjian Baru dengan umatNya ( Yeh 36:26-27; 37:14; 39:29; Yoel 2:28-29 )
Bagaimana Roh Kudus memberikan berkat Allah ?
A. Roh Kudus memberikan kekuatan
1. Roh Kudus memberikan hidup
Di dalam alam, peran dari Roh Kudus adalah memberikan hidup kepada ciptaan baik yang dibawah tanah, atau di langit atau dilaut. ( Maz 104:30 ). Sebaliknya jika Allah : “Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya,
maka binasalah bersama-sama segala yang hidup, dan kembalilah manusia kepada debu. ( Ayb 34:14-15 )
Roh Kudus adalah memberikan hidup dan menopang hidup.
Paralel dengan ini peran dari Roh Kudus adalah memberikan kita hidup baru di dalam kelahiran baru. Yesus mengatakan kepada Nikodemus “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali” ( Yoh 3:6-7 )
Yoh 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.
Konsisten dengan fungsi memberikan hidup dari Roh Kudus adalah kenyataan bahwa Roh Kudus adalah yang melahirkan Yesus di dalam rahim Maria ( Matius 1:18,20; Lukas 1:35 ).
Pada hari ketika Kristus kembali, Roh Kudus akan menyelesaikan pekerjaan memberikan hidup dengan memberikan kebangkitan hidup baru kepada tubuh kita yang akan binasa.
Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. ( Roma 8:11 )

2. Roh Kudus memberikan kekuatan untuk pelayanan
a. Di dalam PL, Roh Kudus secara sering memberikan kemampuan kepada orang-orang untuk pelayanan. RK memberikan kekuatan kepada Yosua dengan kemampuan kepemimpinan dan bijaksana ( Ul 27:18, Ul 34:9 ) dan memberikan kekuatan hakim-hakim untuk membebaskan Israel dari penindas ( Hak 3:10, 6:34, 11:29, 13:25, 14:6, 19, 15:14 ). RK datang kepada Saul untuk membangkitkan dia untuk berperang melawan musuh Israel ( 1 Sam 11:6 ) dan ketika Daud diurapi sebagai raja, RK turun ke atasnya ( 1 Sam 16:13 ) untuk memperlengkapi Daud memenuhi tugas raja yang Allah sudah memanggil dia.
Roh Kudus memenuhi Bezaleel bin Uri bin Hur,”dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga; untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan.” Kel 31:3-5
Dan kemampuan untuk mengajar kemampuan ini kepada orang lain ( Kel 35:34 )

Roh Kudus mengurapi Mesias dengan kepenuhan kuasa.
Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; (Yes 11:2 )
Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Yes 42:1
Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
Yes 61:1

b. Di dalam PB
Pekerjaan dari Roh Kudus di dalam PB terlihat paling pertama dan paling penuh di dalam pengurapan dan penguatan Yesus sebagai Mesias. Roh Kudus turun kepada Yesus pada saat baptisanNya ( Mat 3:16, Mrk 1:11, Luk 3:22, Yoh 1:32 ).
Yesus memasuki ke pencobaan di padang gurun dengan penuh dengan Roh Kudus ( Luk 4:1 ) dan setelah pencobaannya dan diawal pelayananNya, Yesus kembali di dalam kuasa Roh Kudus ke Galilea ( Luk 4:14 )
Di dalam Lukas ketika Yesus datang berkotbah di sinagoge, Dia mendeklarasikan menggenapi nubuat Yesaya ( Luk 4:18-19 )
Kuasa dari Roh Kudus di dalam kehidupan Yesus terlihat dengan mujizat dimana Dia mengusir setan dengan firman dan menyembuhkan mereka yang datang kepadaNya ( Luk 4:36, 40-41 )
Roh Kudus senang tinggal di dalam Yesus dan memberikan kekuatan kepadaNya karena Dia menikmati kemurnian moral dari kehidupan Yesus. Di dalam konteks pelayananNya dan berkat Bapa kepada pelayanan Yesus, Yesus mengatakan “Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Yoh 3:34-35
Yesus mempunyai urapan Roh Kudus tanap batas dan urapan ini tetap tinggal di dalam Dia ( Yoh 1:32, Kis 10:38 )

Roh Kudus juga menguatkan murid-murid Yesus untuk melakukan pelayanan. Yesus berjanji kepada mereka.
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Kis 1:8
Aspek lain dari memberikan kekuatan kepada orang Kristen untuk pelayanan, aktivitas Roh Kudus adalah memberikan karunia rohani untuk mempersiapkan orang percaya untuk pelayanan.
Baca 1 Kor 12:11
Karunia rohani adalah manifestasi dari Roh Kudus ( 1 Kor 12:7 )
Ketika karunia rohani aktif, ini adalah indikasi kehadiran Allah Roh Kudus di dalam gereja.
Di dalam doa orang percaya, kita menemukan bahwa Roh Kudus memperkuat doa dan membuatnya efektif.
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Rom 8:26
Karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. Ef 2:18
B. Roh Kudus menyucikan
Roh Kudus dipanggil Roh KUDUS jadi salah satu peran dia yang utama adalah menyucikan kita dari dosa dan untuk menguduskan kita atau membuat kita lebih suci di dalam kehidupan sehari-hari.
Ketika seseorang menjadi orang percaya, Roh Kudus melakukan pembersihan di dalam mereka, membuat keputusan mematahkan pola dosa yang ada di dalam hidup mereka.
Paulus mengatakan kepada jemaat Korintus “Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita. “ 1 Kor 6:11
Roh Kudus juga membuat kita bertumbuh di dalam kesucian hidup. Dia membawa buah-buah Roh di dalam diri kita. Semua ini ada di dalam Gal 5:22-23, semua kualitas yang merefleksikan karakter Allah. Ketika kita secara terus menerus diubahkan dari kemuliaan kepada kemuliaan, kita harus mengingatkan bahwa ini datang dari Tuhan yang adalah Roh ( 2 Kor 3:18 ).
Penyucian datang dengan kuasa Roh Kudus ( 2 Tes 2:13, 1 Pet 1:2, Rom 8:4, 15-16 ). Dengan Roh maka kita mampu untuk mematikan perbuatan tubuh dan bertumbuh di dalam kesucian pribadi ( Rom 8:13, 7:6, Fil 1:19 )

C. Roh Kudus menyatakan
1. Wahyu kepada nabi dan rasul
Roh Kudus menyatakan Firman kepada nabi PL dan rasul PB sehingga Firman ini dapat menjadi Alkitab. Keseluruhan Firman Tuhan PL adalah karena manusia berbicara dari Allah ( Roh Kudus ) ( 2 Pet 1:21 ).
Rasul PB dan yang menulis PB dipimpin ke dalam seluruh kebenaran oleh Roh Kudus ( Yoh 16:13 ). Roh Kudus juga berkata kepada rasul apa yang Dia dengar dari Bapa dan Anak dan mengatakan hal-hal yang akan datang ( Yoh 16:3, Ef 3:5 )
2.Memberikan bukti kehadiran Allah
Roh Kudus meninggikan Yesus ( Yoh 16:14 ) dan menyaksikan Dia ( Yoh 15:26 , Kis 5:31, 1 Yoh 2:3, 1 Yoh 4:2 ). Alkitab juga berbicara pekerjaan Roh Kudus dan membuat pekerjaanNya dikenal. Alkitab itu sendiri dibicarakan dan diinspirasikan oleh Roh Kudus.

3. Roh Kudus memimpin dan mengarahkan umat Allah
DI dalam PB, Yesus dibawa Roh menuju ke padang gurun untuk dicobai ( Mat 4:1 dan Luk 4:1, Mark 1:12 )
Di dalam konteks lain, Roh Kudus memberikan perintah langsung untuk memimpin orang dan berkata kepada Filipus di dalam Kis 8:29 atau kepada Petrus untuk pergi ke rumah Kornelius dengan 3 orang ( Kis 10:19-20; Kis 11:12 ) atau mengarahkan orang Kristen di dalam Antiokhia untuk berpisah dengan Paulus dan Barnabas untuk pekerjaan Allah ( Kis 13:2 ).

Roh Kudus memimpin hari demi hari ( Rom 8:14, Gal 5:18 ) dan orang percaya harus berjalan menurut Roh ( Rom 8:4, Gal 5:16 ).
Baca Gal 5:16-26
4. Roh Kudus menyediakan karakter dan atmosfir yang seperti Allah ketika Dia memanifestasikan kehadiranNya
Karena Roh Kudus adalah sungguh-sungguh Allah dan berbagian di dalam seluruh atribut Allah, maka pengaruhNya akan membawa karakter atau atmosfir yang seperti Allah untuk situasi dimana Dia aktif. Karena Dia adalah Roh Kudus, Dia menyakinkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman ( Yoh 16:8-11 ). Karena Allah adalah kasih maka Roh Kudus mencurahkan kasih Allah kepada hati kita ( Rom 5:5; 15:30; Kol 1:8 ) dan sering kehadiran Roh Kudus dimanifestasikan didalam kasih.
Karena Allah adalah Allah sumber damai sejahtera, Roh Kudus membawa damai kepada situasi-situasi.
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Rom 14:17
Roh Kudus juga menanamkan atmosfir damai sejahtera ( Kis 13:52, 1 Tes 1:6 ). Kualitas seperti Allah yang dihasilkan oleh Roh Kudus ada di dalam buah-buah Roh dalam Gal 5:22-23.

Elemen dari atmosfir lain yang Roh Kudus dapat tanamkan adalah kebenaran ( Yoh 14:17; 15:26 ), kebijaksanaan ( Ul 34:9; Yes 11:12 ). Penghiburan ( Kis 9:31 ), Kebebasan ( 2 Kor 3:17 ), kebenaran ( Rom 14:17 ), Pengharapan ( Rom 15:13, Gal 5:5 ), kesadaran akan sebagai anak atau adopsi ( Rom 8:15-16; Gal 4:5-6 ) bahkan kemuliaan ( 2 Kor 3:8 ). Roh Kudus juga membawa persatuan ( Ef 4:3 ) dan kuasa ( Kis 1:18; 1 Kor 2:4 ).

5. Roh Kudus memberikan jaminan.
Roh Kudus bersaksi dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah ( Rom 8:16 ) dan memberikan bukti pekerjaan Allah di dalam kita “Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.”
1 Yoh 3:24
Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. 1 Yoh 4:13

6. Roh Kudus mengajar dan mengiluminasikan
Aspek lain dari Roh Kudus adalah menyatakan pengajaran hal-hal tertentu kepada umat Allah dan mengiluminasikan mereka supaya mereka mengerti hal-hal tertentu.
Yesus berjanji bahwa Roh Kudus akan mengajarkan kamu segala sesautu dan akan mengingatkan apa yang pernah Ia katakan ( Yoh 14:26 ). Dan juga Roh Kudus akan memimpin orang kedalam seluruh kebenaran ( Yoh 16:13 ).
Ketika di dalam bahaya penganiayaan, Roh Kudus akan mengajarkan kepada mereka apa yang harus dikatakan ( Luk 12:12, Mat 10:20, Mark 13:11 )

Pekerjaan iluminasi dari Roh Kudus dinyatakan ketika Dia memampukan kita untuk mengerti. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 1 Kor 2:12

Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 1 Kor 2:14

Kita harus berdoa supaya Roh Kudus memberikan iluminasi sehingga membuat kita mengerti secara benar ketika kita belajar Alkitab atau situasi di dalam hidup kita.
Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu.
Mzm 119:18
dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, Ef 1:17-19

No comments:

LIMPINGEN BLOG