Tuesday, June 19, 2007

Doktrin Keselamatan (I)

Doktrin Keselamatan
Jeffrey Lim

Kita semua sudah berdosa dan layak menerima penghukuman kekal dari Allah. Kristus mati bagi kita dan mendapatkan keselamatan bagi kita. Allah mengaplikasikan keselamatan untuk hidup kita.

Ada beberapa peristiwa yang terjadi di dalam keselamatan yang disebut juga ordo salutis atau order of salvation.
Election ( God’s choice of people to be saved )
The Gospel call ( proclaiming the message of the gospel )
Regeneration ( being born again )
Conversion ( Faith and repentance )
Justification ( Right legal standing )
Adoption ( Membership in God’s family )
Sanctification ( Right conduct of life )
Perseverance ( Remaining a Christian )
Death ( Going to be with the Lord )
Glorification ( Receiving a resurrection body )


2-6 dan bagian dari 7 terjadi ketika kita menjadi orang Kristen
7 dan 8 ada di dalam hidup ini.
9 ada di dalam akhir hidup.
10 terjadi ketika Kristus kembali

I.Election

Pemilihan adalah tindakan Allah sebelum ciptaan dimana Dia memilih beberapa orang untuk diselamatkan bukan berdasarkan jasa yang Dia lihat sebelumnya pada mereka tetapi hanya karena kedaulatan kesenangan Allah
A. Apakah PB mengajarkan predestinasi ?

Beberapa bagian di PB kelihatan menekankan Allah memilih orang yang akan diselamatkan. Contoh Lukas 13:48.
Baca juga Roma 8:28-30
Allah memilih Yakub bukan karena apa yang Yakub atau Esau lakukan tetapi karena keinginan Allah. Baca Rom 9:11-13

Fakta beberapa orang Israel diselamatkan tetapi yang lain tidak. Paulus mengatakan di dalam Rom 11:7 Jadi bagaimana? Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya.
Paulus mengajarkan adanya 2 group orang yaitu orang pilihan yang mendapatkan keselamatan dan orang bukan pilihan yang mengeraskan hati.

Di dalam kitab Efesus dikatakan bahwa Allah memilih sebelum dunia dijadikan ( Ef 1:4-6 )
Paulus menulis untuk orang peraya dan Dia secara spesifik berkata bahwa Allah memilih kita di dalam Kristus, ini merujuk kepada orang percaya secara umum. Ini sama dengan Ef 1:12.

Bandingkan 1 Tes 1:4-5, 2 Tes 2:13

Selain manusia ada dituliskan mengenai malaikat yang dipilih ( 1 Tim 5:21 )

Apa alasan Allah memilih kita ?
Paulus berkata mengenai alasan mengapa Allah menyelamatkan kita dan memanggil kita kepada diriNya sendiri adalah bukan karena pekerjaan kita tetapi karena tujuan Allah sendiri dan anugerah Allah yang tidak berjasa di dalam kekekalan. Lihat 2 Tim 1:9

Di dalam visi Yohanes di dalam wahyu ada orang yang namanya ditulis di buku kehidupan ( Why 13:7-8 ), ada yang namanya tidak dituliskan ( Why 17:8 )

B. Bagaimana PB menghadirkan pengajaran mengenai pemilihan ?

Sebagai penghiburan
Ketika Paulus meyakinkan orang Roma akan segala sesuatu yang Allah kerjakan untuk kebaikan mereka yang mengasihi Dia, yang dipanggil sesuai dengan tujuanNya ( Rom 8:28 ), Paulus memberikan pekerjaan Allah di dalam predestinasi sebagai alasan mengapa kita dapat diyakinkan kebenaran ini.

Sebagai alasan untuk memuji Allah
Baca Ef 1:5-6,12 , 1 Tes 1:2,4.

Sebagai dukungan untuk penginjilan
Baca 2 Tim 2:10

Pemilihan adalah tidak berkondisi

Yang tidak dipilih ?
Ketika kita mengerti pemilihan sebagai kedaulatan pemilihan Allah agar beberapa orang diselamatkan dan ada aspek dari pilihan ini yaitu keputusan Allah untuk melewati orang lain dan tidak menyelamatkan mereka. Ini adalah penolakan.

Penolakan -> keputusan Allah yang berdaulat sebelum ciptaan untuk melewati beberapa orang, di dalam kesedihan untuk tidak menyelamatkan mereka dan untuk menghukum mereka karena dosa mereka dan memanifestasikan keadilannya

Yudas mengajarkan beberapa orang yang tidak dipilih ….. di dalam Yudas 4
“Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah
kamu,yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah
orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk
melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan
Tuhan kita, Yesus Kristus.

Bdk Rom 11:7, 2 Pet 2:8
Aplikasi praktis dari Doktrin pemilihan
Menceritakan kepada orang Kristen bahwa dia menjadi orang Kristen karena Allah di dalam kekekalan sudah menentukan kasihNya kepada saya. Mengapa Dia memilih untuk mengasihi aku ? Bukan karena kebaikan di dalam saya tetapi karena Dia bermaksud untuk mengasihi saya. Tidak ada alasan lain.
Ini membuat kita rendah hati menyadari bahwa keselamatan kita adslaah karena anugerah Allah semata-mata. Jadi respon yang tepat dari kita adalah memberikan kepada Allah pujian yang kekal.

II. Panggilan Injil dan Panggilan Efektif

Roma 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

DipanggilNya

Panggilan Efektif

Apa itu panggilan ?
Ketika Allah memanggil maka Dia memanggil umatNya :
Keluar dari kegelapan kepada terang ( 1 Pet 2:9 )
Kepada persekutuan dengan AnakNya ( 1 Kor 1:9 )
Kepada kerajaanNya dan kemuliaan ( 1 Tes 2:12 )
Milik Kristus ( Rom 1:6 )
Dipanggil menjadi orang kudus ( Rom 1:7, 1 Kor 1:2 )
Datang kepada wilayah damai ( 1 Kor 7:15 ), kebebasan ( Gal 5:23 ), pengharapan ( Ef 1:18; 4:4 ), kekudusan ( 1 Tes 4:7 ), kesabaran penderitaan ( 1 Pet 2:20 ) dan hidup yang kekal ( 1 Tim 6:12 )

Panggilan ini bukan hanya panggilan manusia di dalam penglihatannya tetapi adalah panggilan Raja alam semesta dan mempunyai kuasa.
Tindakan Allah yang penuh kuasa sering dipanggil dengan panggilan efektif.
Panggilan efektif dibedakan dengan panggilan umum dari undangan injil kepada semua orang dimana ada beberapa yang menolaknya.
Sesungguhnya panggilan Allah yang efektif datang bukan melalui kotbah manusia tetapi karena Paulus mengatakan “Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.”
2Tes 2:14

Ada yang mendengar panggilan umum dari pesan Injil dan tidak berespon. Tetapi di dalam beberapa kasus, panggilan Injil dibuat sangat efektif dengan pekerjaan dari Roh Kudus di dalam hati orang percaya dimana mereka berespon.

Panggilan efektif adalah tindakan Allah Bapa berkata melalui proklamsi Injil dimana Dia mengundang orang kepada diriNya dimana mereka berespon dengan iman yang menyelamatkan.

Orang diselamatkan dengan kuasa panggilan ini tidak terlepas dari keinginan mereka untuk berespon kepada Injil. Respon ini adalah sukarela dan sebuah respon dimana pribadi meletakkan kepercayaannya kepada Yesus.

Contoh panggilan Injil bekerja secara efektif adalah terlihat di dalam kunjungan Paulus pertama ke Filipi. ( Kis 16:14 )

Panggilan efektif adalah keseluruhan tindakan Allah dan panggilan Injil melalui perkataan manusia. Panggilan Injil ditujukan kepada semua orang bahkan kepada yang tidak menerimanya. Kadang-kadang dinamakan panggilan eksternal atau panggilan umum.
Sedangkan panggilan efektif adalah panggilan Allah yang membawa respon keinginan dari orang yang mendengarnya dan kadang dinamakan panggilan internal.
Panggilan Injil adalah umum dan seringkali ditolak, sedangkan panggilan efektif adalah tertentu, internal dan pasti efektif.

Elemen dari panggilan Injil

Penjelasan mengenai fakta keselamatan
Setiap orang datang kepada Kristus untuk keselamatan harus mempunyai pengertian dasar mengenai siapa Kristus dan bagaimana dia memenuhi kebutuhan kita untuk keselamatan.
Paling sedikit fakta :
Semua orang sudah berdosa ( Rom 3:28 )
Upah dosa ialah maut ( Rom 6:23 )
Kristus mati untuk membayar dosa kita ( Rom 5:8 )
Namun selain ini harus ada undangan untuk respon pribadi kepada individu yang akan bertobat dan percaya kepada Kristus

Undangan untuk berespon kepada Kristus secara pribadi di dalam pertobatan dan iman.
Ada undangan pribadi yang mencari respon pribadi dari yang mendengarnya.

Janji akan pengampunan dan hidup kekal

Pentingnya dari panggilan Injil

Kalau tidak ada panggilan Injil tidak ada yang diselamatkan ( Rom 10:14 )

III. Regenerasi
Apa artinya untuk lahir baru ?

Penjelasan : Regenerasi adalah tindakan Allah yang tersembunyi dimana Dia menamakan kehidupan rohani yang baru kepada kita. Ini sering dipanggil menjadi lahir baru ( Yoh 3:3-8 )

A. Regenerasi adalah secara total pekerjaan Allah

Pekerjaan regenasi adalah secara total pekerjaan Allah. Yoh 1:13.
Di dalam lahir baru, kita adalah pasif. Kita tidak memilih untuk lahir secara fisik dan juga kita tidak memilih untuk lahir secara rohani – ini sesuatu yang terjadi pada kita.
Pekerjaan Allah di dalam regenerasi diprediksikan di dalam nubuat Yehezkiel 36:26-27.
Yang mengerjakan lahir baru adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal yaitu Roh Kudus.

Apa hubungan antara panggilan efektif dan regenerasi ? Alkitab mengindikasikan bahwa regenerasi harus datang sebelum kita dapat berespon terhdap panggilan efektif dengan iman yang menyelamatkan.
Karena itu regenerasi datang sebelum hasil dari panggilan efektif ( iman )
Allah melahirbarukan kita pada saat Dia berbicara kepada kita di dalam panggilan efektif -> 1 Pet 1:23,25 & Yak 1:18
Ketika Injil datang kepada kita, Allah berbicara melalui hal itu untuk memanggil kita kepada dirinya ( panggilan efektif), dan memberikan kita kehidupan rohani yang baik sehingga kita mampu berespon di dalam iman.
Anugerah yang tidak dapat ditolak dihubungkan dengan hal ini

B. Natur mengenai lahir baru adalah misterius bagi kita

Kita tahu bahwa kita adalah mati secara rohani ( Ef 2:1 ) dan hidup kepada Allah dan kita sudah lahir baru ( Yoh 3:3,7 , Ef 2:5, Kol 2:13 ). Tetapi kita tidak mengerti bagaimana hal ini terjadi dan apa yang Allah lakukan secara tepat untuk memberikan kehidupan rohani kita yang baru. ( Yoh 3:8 )
Alkitab memandang bahwa lahir baru mempengaruhi kita secara keseluruhan pribadi.
Regenerasi adalah pekerjaan yang instant.
Ini terjadi secara sekali

C. Regenerasi terjadi sebelum iman yang menyelamatkan

Bdk Yoh 3:5.

D. Lahir baru yang sejati membawa hasil di dalam hidup
1. Orang yang lahir dari Allah tidak terus menerus berbuat dosa ( 1 Yoh 3:9 )
2. Yang lahir dari Allah akan mengasihi ( 1 Yoh 4:7 )
3. Yang lahir dari Allah mengalahkan dunia ( 1 Yoh 5:3-5 )
4. Yang lahir dari Allah dilindungi dari setan ( 1 Yoh 5:18 ) karena ada roh kudus yang lebih besar daripada roh di dalam dunia ( 1 Yoh 4:4 )
5. Ada buah-buah roh ( Gal 5:22-23 )

IV. Conversion ( Iman dan Pertobatan )
Apa pertobatan yang sejati ? Apa itu iman yang menyelamatkan ? Dapatkah orang menerima Kristus sebagai Juru selamat dan bukan sebagai Tuhan ?

Conversion adalah respon kita secara berkeinginan kepada panggilan injil dimana kita secara jujur bertobat dari dosa-dosa dan menempatkan percaya kita di dalam Kristus untuk keselamatan.

Kata conversion berarti “berbalik” – ini adalah pembalikan spiritual, berbalik dari dosa kepada Kristus. Berbalik dari dosa disebut pertobatan. Berbalik kepada Kristus disebut iman.

A. Iman sejati yang menyelamatkan termasuk pengetahuan, persetujuan dan kepercayaan

Pengetahuan saja tidak cukup.
Iman yang menyelamatkan lebih dari sekedar pengetahuan. Setan pun tahu fakta ini. ( Yak 2:19 )

Pengetahuan dan persetujuan tidak cukup
Nikodemus tahu Yesus dari Allah dan setuju tetapi bukan berarti dia mempunyai iman yang menyelamatkan
Iman ada aspek kepercayaan

Iman yang menyelamatkan adalah percaya kepada Yesus Kristus sebagai pribadi yang hidup untuk pengampunan dosa dan untuk hidup yang kekal dengan Allah

Iman seharusnya bertambah seperti pengetahuan kita bertambah
Iman timbul dari pendengaran akan Firman ( Rom 10:17 )

B. Iman dan pertobatan harus datang bersama-sama

Pertobatan adalah kesedihan yang dalam terhadap dosa dan menolaknya dan komitmen untuk meninggalkannya dan berjalan di dalam ketaatan kepada Kristus
Pertobatan meliputi pengertian rasio, persetujuan emosi mengenai pengajaran Alkitab mengenai dosa, dan kehendak untuk meninggalkannya.
Pertobatan yang sungguh-sungguh merubah hidup.
Perubahan hidup adalah buah pertobatan

Perasaan sedih untuk satu perbuatan tidak berarti pertobatan sejati kita tidak disertai dengan keputusan tulus untuk meninggalkan dosa.

Baca Yes 55:6-7
Kita menerima keselamatan dan bertobat dengan iman
Iman yang sejati disertai dengan pertobatan sejati.

C. Baik iman dan pertobatan terjadi terus menerus sepanjang hidup

No comments:

LIMPINGEN BLOG