Thursday, January 18, 2007

Yesus memberi makan 5000 orang - Short

Yesus memberi makan 5000 orang

Konteks : Murid-murid baru selesai pelayanan
Perbandingan antara Yesus dan murid-murid
Melihat isi hati Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Mesias

Isi :
Murid-murid baru selesai pelayanan
Kristus memberikan mereka otoritas untuk mengusir setan dan memberitakan Injil KErajaan Allah
Di dalam Pasal 6:12 dikatakan bahwa mereka mengusir setan dan mengurapi banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Kemudian murid-murid kembali kepada Yesus dan mengabarkan apa yang sudah mereka kerjakan.
Pada saat itu banyak orang datang dan begitu sibuk sehingga mereka tidak mempunyai waktu untuk makan. Maka Yesus hendak pergi ke tempat sunyi dan beristirahat.
Setelah pelayanan ada waktu istirahat……. Yesus dan murid-murid pergi dengan kapal ke tempat sunyi…..
Tetapi orang-orang mengejar dan mencari Yesus….

Kondisi murid-murid dan Yesus pasti sedang lelah… Mereka hendak beristirahat….
Bagaimana di dalam kondisi lelah melihat banyak jiwa ?
Mari kita lihat perbedaan murid Yesus dengan Yesus….

Ketika Yesus mendarat dan melihat banyak jiwa, dia tergerak oleh belas kasihan karena mereka seperti domba yang tidak bergembala….
Di sini kita melihat afeksi dan perasaan Tuhan Yesus…. Dia tergerak oleh belas kasihan….. Yesus yaitu Anak Allah bukan hanya Firman ( LOGOS ) yang rasional tetapi juga mempunyai perasaan belas kasihan….
Yesus sebagai Mesias mempunyai 3 jabatan yaitu sebagai imam, raja dan nabi…. Ketika melihat banyak orang yang letih lesu seperti domba yang tidak bergembala, Yesus mengajarkan sebagai nabi mengenai Firman Tuhan….. Yesus memberi mereka makan secara rohani…. Yesus memberi mereka Firman hidup…. Yang adalah makanan rohani….
Di bagian yang lain Yesus pernah mengajar kepada murid-muridnya supaya berhati-hati terhadap ragi Farisi dan Herod…… Ragi dan roti Farisi adalah pengajaran mereka…. Pengajaran mereka itu tidak murni ( ragi ) dan menyesatkan
Sebaliknya pengajaran Yesus sebagai nabi dari Allah adalah pengajaran yang benar dan menggembalakan….. Yesus Kristus mengajarkan kebenaran
Karena itu Dia mulai mengajar mereka banyak hal…..
Yesus Sang Mesias selain sebagai nabi juga adalah sebagai raja. Di dalam hal ini dia adalah Raja Gembala ( Shepherd-King). Yesus sendiri mengatakan bahwa akulah gembala yang baik……. Pengertian gembala sendiri adalah seorang penguasa. Allah sendiri adalah seorang gembala….. Yehovah adalah gembalaku….
Gembala juga melukiskan pemimpin Israel di PL…. Tetapi Kitab Yehezkiel mengajarkan bahwa mereka gagal sebagai gembala yang menggembalakan umat Allah… Mereka tidak menguatkan yang lemah, tidak mengobati yang sakit, tidak menopang yang lemah, mencari yang sesat….
Tetapi Mesias lain dengan pemimpin agama Yahudi… Mesias datang seperti gembala…

Mari kita lihat keagungan hati Yesus Kristus

Keadaan saat itu pasti mereka sudah sangat lelah… Ditambah sudah sore… Maka murid-murid sudah tidak tahan lagi…. Dan mereka berkata : “Ini tempat yang jauh dan sudah sangat sore…”… Kirim orang pergi supaya mereka memberi makanan untuk dimakan “

Tetapi jawab Yesus dengan singkat dan otoritatif
“Kamu harus memberi mereka makan”

Yesus sudah memberi mereka makan dengan Firman… Tetapi sekarang orang memerlukan makanan jasmani… mereka membutuhkan pangan…. Dan murid-murid harus memberi mereka makan…. Dari mana mereka dapat memberikan makanan ini ? Bukankah uang mereka terbatas ? Tetapi bukankah ini perintah Tuhan ? Percayakah mereka ?
Alkitab menjawab bahwa murid-murid skeptis dan tidak percaya…. Apakah kita akan pergi dan menghabiskan sebanyak 8 bulan gaji untuk memberikan mereka makan ?

Tetapi Yesus adalah Allah… Dia berkata berapa roti yang mereka miliki. Mereka menemukan 5 roti dan 2 ikan.
Maka Yesus memerintahkan mereka untuk duduk di dalam group-group… Ada yang seratus ada yang lima puluh ( mengingatkan formasi pembagian oleh musa ). Yesus adalah nabi yang melebihi Musa….
Tuhan Yesus mengambil 5 roti dan 2 ikan, memandang ke langit, mengucap syukur dan membagi roti.
Terjadi mujizat… Mereka semua makan roti….. Semua makan dan dipuaskan…..
Yesus memuaskan jasmani dan rohani semua orang…. MAnusia bukan hidup dari roti saja tapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah… Ternyata Firman Tuhan mencukupi makanan rohani dan jasmani semua orang….
Ini mengingatkan orang Yahudi peristiwa pemeliharaan Allah di padang gurun dengan roti manna…… Roti manna mengenyangkan jasmani mereka… Tetapi Yesus mengatakan bahwa dirinya adalah manna surgawi yang memberi makan manusia…
Murid-murid kemudian mengumpulkan kembali 12 bakul roti dan ikan…..
Mengumpulkan mengingatkan peristiwa pengumpulan manna…..

Pelajaran yang diambil :
Kamu harus memberi mereka makan….

KEtika melihat banyak orang… Entah bagaimana keadaan kita…. Ketika melihat kebutuhan banyak orang… Orang yang letih lesu dan berbeban berat yang membutuhkan makanan rohani dan jasmani…. Bagaimana sikap kita ?
Datangkah kita kepada Yesus membawa makanan untuk mereka ?

No comments:

LIMPINGEN BLOG