Tuesday, January 16, 2007

Paus

PAUS ( WHALE )

Adik-adik, Paus adalah salah satu ikan terbesar dan termasuk golongan mamalia. Binatang besar ini jenis Paus biru panjangnya mencapai 30 meter dan beratnya 180 ton. Sungguh luar biasa besar ! Berapa kali besar manusia, adik-adik ? Tetapi Alkitab mencatat bahwa Allah menciptakan binatang-bintang laut yang besar ( Kej 1:21 ). Tuhan kita sungguh luar biasa bukan ? Binatang raksasa ini adalah merupakan ciptaanNya.
Seperti mamalia yang lainnya paus menghirup udara ke dalam paru-paru dan berdarah panas. Paus juga menyusui anaknya dan mempunyai sedikit rambut. Paus mempunyai keunikan dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan suara lirik. Suara yang keras ini dapat terdengar sampai berkilo-kilo meter. Paus ini dikategorikan sebagai binatang pemangsa dan mereka memakan mulai dari plankton sampai ikan yang sangat besar. Paus dipercayai mempunyai kepandaian yang tinggi. Mereka mempunyai sistem sosial yang kompleks seperti beberapa macam serangga. Para ilmuwan dan ahli lingkungan mengatakan bahwa spesies paus terancam karena manusia yang memburunya.
Adik-adik, Alkitab mencatat bahwa Nabi Yunus ditelan ikan besar dan tinggal 3 hari di perut ikan ( Yun 1:17 ). Tidak dicatat ikan apa tetapi mungkin juga ikan paus.

No comments:

LIMPINGEN BLOG