Friday, April 27, 2007

Obat kesehatan jiwa adalah kasih dan kebenaran

Obat kesehatan jiwa adalah kasih dan kebenaran
Jeffrey Lim

Apakah sih yang dibutuhkan manusia ? Kebutuhan apakah yang paling dibutuhkan manusia ? Memang kalau soal fisik adalah makanan paling dibutuhkan. Tetapi manusia lebih dari sekedar mahluk fisik. Manusia adalah mahluk relasional. Manusia adalah mahluk psikologikal. Manusia adalah mahluk sosial. Manusia adalah mahluk moral. Karena manusia adalah gambar dan rupa Allah. Jadi kebutuhan apakah yang dibutuhkan manusia untuk hidup ? Kalau sekedar hidup adalah mudah. Manusia tinggal diberi makanan. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana manusia bisa mempunyai jiwa yang sehat ? Apa yang dibutuhkan untuk hal ini ?

Saya berpendapat bahwa yang dibutuhkan manusia adalah kasih dan kebenaran. Ini adalah kebutuhan dasar manusia secara jiwa. Manusia butuh kasih. Butuh persekutuan. Butuh relasi. Tetapi manusia juga butuh kebenaran. Manusia butuh diisi oleh kasih dan kebenaran. Kasih ini saling berkaitan dengan kebenaran. Kasih sejati tidak bisa dilepaskan dari kebenaran.
Mengapa manusia perlu kebenaran ?
Alkitab mengajarkan bahwa manusia bukan hidup dari roti saja tetapi dari setiap perkataan yang keluar dari mulut Allah. Firman Tuhan adalah kebutuhan manusia dan Firman Tuhan adalah makanan rohani seperti halnya roti adalah makanan jasmani. Manusia membutuhkan makanan jasmani dan rohani untuk hidup. Dengan hidup mengetahui kebenaran maka seseorang akan memasuki hidup yang bebas. Yesus mengatakan bahwa jika kamu tetap dalam firmanKu, kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. Hidup manusia untuk sehat perlu kebenaran.
Mengapa manusia perlu kasih ?
Karena manusia diciptakan untuk mengasihi dan dikasihi. Allah memerintahkan manusia untuk mengasihi Dia dengan segenap hati, segenap akal budi, segenap jiwa dan segenap kekuatan. Allah juga memerintahkan manusia untuk mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri. Kasih adalah kebutuhan dasar manusia. Hidup manusia untuk sehat perlu kasih. Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Di dalam kasih ada rela berkorban dan ada pengampunan Kebutuhan manusia yang lain adalah pengampunan. Kita membutuhkan pengampunan di dalam hidup. Dan ini ada di dalam kasih.
Jawaban Kasih dan kebenaran ini terdapat di dalam Yesus Kristus. Dia adalah Allah sumber kebenaran dan Dia adalah kasih Allah yang dinyatakan.

Jeffrey Lim
limpingen@gmail.com
Seri renungan singkat
Guang Zhou, 19 Maret 2007

No comments:

LIMPINGEN BLOG