Friday, May 18, 2007

Hikmat datangnya dari Allah

Hikmat datangnya dari Allah
Refleksi sederhana hikmat dari Daniel 1

Banyak orang mencari hikmat. Banyak orang belajar untuk supaya menjadi pandai. Banyak orang ingin supaya berbijaksana. Banyak orang ingin berpengetahuan. Tetapi darimanakah datangnya bijaksana itu ? Di dalam kitab Daniel, di dalam kerajaan Babilonia banyak orang bijaksana. Babilonia pada saat itu berkuasa. Namun ada 4 orang bijaksana bijaksananya melebihi semua. Bahkan sepuluh kali lebih bijaksana. Mereka adalah Daniel, Hananya, Misael, Azarya. Padahal mereka orang Israel. Mengapa mereka bisa bijaksana ?

Kita hendak mempelajari mengapa mereka bisa bijaksana ?
1.Mereka bisa bijaksana karena mereka takut akan Allah
Amsal mengatakan bahwa takut akan Allah adalah permulaan hikmat. Mereka takut akan Allah dengan menjaga kesucian mereka. Ketika mereka disuruh memakan santapan dari raja maka mereka menolaknnya. Semua itu karena mereka tidak ingin bersekutu dengan yang najis. Mereka menjaga Taurat Tuhan.

2.Allah yang memberkati mereka
Darimana bijaksana berasal ? Bukan sekedar dari belajar ! Pintar dan bijaksana itu berbeda ! Bijaksana berasal dari Tuhan Allah. Dan dikatakan di dalam kitab Daniel bahwa Allah mengaruniakan mereka pengetahuan. Ini adalah pemberian Allah.

Pelajaran dari Kitab Daniel 1
1.Bijaksana adalah dari Allah
Allah adalah sumber bijaksana. Karena itu kita harus mencari bijaksana dari sumber ini.
2.Takut akan Tuhan akan mendatangkan bijaksana
Marilah kita takut akan Tuhan supaya mendatangkan hidup yang bijaksana
3.Anugerah ada yang berkondisi
Dalam hal ini ada anugerah yang berkondisi. Yaitu bila kita elebih mengasihi dan taat kepada Tuhan dan FirmanNya akan membuat kita lebih berbijaksana.

Jeffrey Lim
limpingen@gmail.com
Taipei, 18 Mei 2007

No comments:

LIMPINGEN BLOG