Monday, March 31, 2008

Saling mengaku dosa supaya sembuh

Saling mengaku dosa supaya sembuh
Jeffrey Lim


Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. (Yakobus 5:16)

Sakit itu sesuatu yang tidak enak bagi tubuh dan jiwa kita. Sakit fisik tentunya membuat kita kekurangan kesehatan. Demikian juga dengan sakit rohani membuat kita lemah rohani. Karena itu setiap sakit penyakit harus diselesaikan penyebabnya. Setiap sakit penyakit harus diobati.
Sakit rohani karena dosa mengakibatkan manusia menjadi tertekan, stress, depresi, tidak damai, kuatir, gelisah, takut, malu, bersalah, dll. Semua ini adalah manifestasi dari dosa. Ketika Adam jatuh dalam dosa maka dia bersembunyi. Dia malu, takut dan bersalah. Ini adalah sakit rohani. Ketika manusia berdosa maka hati nurani juga ikut menuduh sebab hati nurani menjalankan fungsinya sebagai alarm terhadap penyakit rohani. Semua ini harus diselesaikan dengan berdamai dengan Allah. Semua ini harus diselesaikan dengan meminta pengampunan dari Tuhan Allah. Dengan demikian jiwa baru dapat dipulihkan.

Di dalam kehidupan Kristen, kita harus terus hidup di dalam terang. Ketika kita hidup di dalam gelap maka kita berada di dalam sakit rohani. Ketika kita hidup dalam dosa maka kita terikat. Dan kita perlu pembebasan dari Tuhan Allah. Salah satu cara untuk lepas dari keterikatan dosa adalah mengaku dosa. Kita harus saling mengaku dosa kita dan saling mendoakan. Inilah yang Yakobus ajarkan. Di bagian lain dari Alkitab di dalam 1 Yoh dikatakan jika kita hidup dalam terang ( berarti di dalam kejujuran, transparansi, di dalam kebenaran, di dalam kekudusan ) maka kita beroleh persekutuan satu sama lain dan darah Yesus menyucikan kita dari segala dosa dan kejahatan. Karena itu kita harus terus hidup di dalam terang, kekudusan dan kebenaran. Segala macam perbuatan jahat harus terus ditelanjangi. Dengan begitu maka kita akan semakin dikuduskan dan disucikan.
Mengaku dosa di hadapan Tuhan dan sesama dan minta didoakan akan mendatangkan kuasa untuk mengalahka kejahatan. Karena itu marilah kita dengan rendah hati menyadari kelemahan kita dan terus mau mengaku dosa dan didoakan.

Jeffrey Lim
Seri renungan singkat
limpingen@gmail.com
Jakarta, Institut Reformed
1 April 2008

No comments:

LIMPINGEN BLOG