Thursday, November 08, 2007

Teologi Penciptaan dan Depresi

Teologi Penciptaan dan Depresi
Jeffrey Lim

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. ( Kej :1-5 )

Ketika Allah berfirman di dalam Kej 1:1-5 maka ada beberapa hal yang terjadi di dalam ciptaan yaitu
Sesuatu yang formless dan disorder dan disharmony -> Menjadi form and order dan harmony
Sesuatu yang empty -> Menjadi filled and content
Sesuatu yang darkness -> Menjadi terang
Ini adalah kuasa kreatif Firman Allah melalui RohNya yang kudus. Allah berfirman maka ada kuasa kreatif yang menciptakan. Firman Allah ini sungguh dasyat dan berkuasa. Alkitab menuliskan “Satu kali Allah berfirman, dua hal yang aku dengar: bahwa kuasa dari Allah asalnya, dan dari pada-Mu juga kasih setia, ya Tuhan” ( Maz 62 ). Intinya Firman Allah itu berkuasa dan bersifat menciptakan.
Lalu apa kaitan kuasa Firman dengan penciptaan dan Depresi ?



Jiwa manusia yang depresi perlu Firman Allah yang menciptakan kembali. Seperti di dalam penciptaan dan kreatifitas dari Firman maka manusia perlu mengalami penciptaan baru di dalam hidupnya. Firman Allah itu berkuasa dan sanggup merubah hidup manusia yang formless dan disorder dan disharmony menjadi form and order dan harmony . Dari sesuatu yang empty menjadi filled dan content. Dari yang darkness menjadi light. Ini kuasa dari Firman Tuhan.
Firman Tuhan ini bisa dibedakan menjadi beberapa bentuk :
Firman Tuhan yang diucapkan
Firman Tuhan yang menjadi daging yaitu Yesus Kristus
Firman Tuhan yang dituliskan
Firman Tuhan pada penciptaan adalah Firman Tuhan yang diucapkan Allah. Semua ini ditulis di dalam Firman yang tertulis. Namun bukan berarti Firman yang tertulis lebih rendah kuasa dan nilainya dari Firman yang diucapkan. Firman yang tertulis ini juga adalah sesuatu yang dinafaskan Allah ( 2 Tim 3:16). Alkitab sebagai Firman Allah adalah hasil pekerjaan Roh Kudus. Alkitab berkuasa mengubah hidup manusia. Firman Allah di dalam Alkitab mempunyai kuasa kreatif yang mengubahkan.
Hidup manusia yang Depresi sering kali ada beberapa hal tidak harmonis, tidak disiplin, tidak teratur, kosong, dan ada di dalam kegelapan jiwa. Karena itu diperlukan Firman Allah untuk mengubah semua itu.
Puji Tuhan bahwa Firman Tuhan adalah berkuasa dan bersifat menciptakan. Firman Tuhan sanggup mengubah hati, membersihkan hati, mengarahkan, meneguhkan, menghiburkan, menyembuhkan, memberi pengharapan, menumbuhkan iman, memberikan kekuatan, mencerahkan, membuat bijaksana, menyukakan hati, dll. Di dalam Firman Tuhan ada sifat penciptaan dan kalau kita pelajari bahwa penebusan manusia adalah penciptaan manusia kembali.
“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” ( 2Kor 5:17)
“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (Ef 2:10)
Marilah renungkan Firman Tuhan yang sanggup mengubah hidup yang tidak teratur, tidak disiplin, kacau, tidak harmonis, kosong dan gelap menjadi hidup yang berkelimpahan.

Jeffrey Lim
8 Nov 2007





No comments:

LIMPINGEN BLOG